Find Us On Social Media :

Susahnya Membawa Wanita Berbobot 500 Kg dari Mesir ke India

By Hery Prasetyo, Kamis, 8 Desember 2016 | 17:30 WIB

Eman Ahmed yang berbobot 500 kg.

Intisari-Online.com - SEman Ahmed sebenarnya memiliki harapan baru untuk lepas dari belenggu berat badannya yang mencapai 500 kilogram. Ia mendapat bantuan dari India untuk melakukan operasi di Mumbai. Namun, masalah muncul karena membawa dia dari Mesir ke India sangat susah lantaran bobotnya.

Eman sudah 25 tahun tidak bisa melangkah keluar rumahnya di Kairo, ibu kota Mesir. Menteri Luar Negeri India, Sushma Swarai, telah menawarkan wanita 36 tahun itu visa medis ke Mumbai dan menjalani operasi penurunan berat bobot.

Tantangan terberat adalah membawa wanita berbobot badan 500 kg itu ke Mumbai. Seperti dilaporkan Times of India, Kamis (8/12/2016), saat ini tidak ada penerbangan langsung ke Kairo. Sejauh ini juga belum ada maskapai yang bersedia menyewakan pesawatnya demi mengangkut Ahmed.

Peraturan di Jet Airways, misalnya, mengatakan tandu yang mereka miliki hanya mampu membawa pasien dengan berat kurang dari 136 kilogram.

"Para tamu yang bobotnya lebih dari 136 kg takkan mendapatkan layanan tandu saat bepergian dengan pesawat kami," demikian penjelasan situs internal Jet Airways.

Sementara maskapai nasional belum memiliki pedoman batas berat. Namun, para ahli mengantisipasi beberapa rintangan dalam mencari pesawat untuk mengangkut Eman.

Pesawat khusus

Chairman dan Managing Director Air India, Ashwani Lohani, mengatakan, jika ada permintaan resmi agar mereka menyediakan pesawat khusus, mereka akan mempertimbangkannya.

"Air India tidak terbang ke Afrika saat ini. Bandara terdekat adalah Frankfurt di Jerman. Namun, kami akan senang untuk mengeksplorasi kelayakan terbang bagi Eman," katanya kepada Daily Mirror.

Situs maskapai nasional India itu menekankan penyelesaian dokumen untuk menggunakan tandu pasien, tetapi tidak menyebutkan pembatasan berat pada si wisatawan medis itu.

"Sebuah pro forma sepatutnya diisi bersama dengan tanda tangan dari penumpang atau keluarga terdekat atau pendamping dan dokter yang hadir, diperlukan untuk diserahkan,” kata dia.

“Seorang pendamping yang dewasa dan berbadan sehat harus menemaninya. Pengangkutan tanda penumpang sesuai pengaturan dan tergantung pada ketersediaan ruang, "kata situs maskapai.