Find Us On Social Media :

Tiga Skenario Agar Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2016

By Yoyok Prima Maulana, Rabu, 7 Desember 2016 | 13:30 WIB

Indonesia berpeluang besar lolos ke final AFF 2016. (Foto: Kompas.com)

Intisari-online.com - Rabu pukul 19.00 WIB timnas Indonesia akan bertanding melawan Vietnam di semifinal leg 2 Piala AFF 2016. Kemenangan 2-1 di semifinal leg 1 menjadi modal berharga bagi Boaz Solossa dkk menghadapi tuan rumah Vietnam.

Segala kemungkinan masih bisa terjadi. Indonesia bisa melenggang ke final, bisa juga sebaliknya. Berikut adalah skenario yang bisa memastikan langkah Indonesia menjejak partai final Piala AFF 2016, selain dengan memetik kemenangan.

1. Pertandingan semifinal leg 2 berakhir imbang, berapa pun skornya, seperti 0-0, 1-1, 2-2, 3-3, dan seterusnya. Pasalnya, Indonesia sudah mengantongi kemenangan 2-1 di leg 1.

2. Kalah dengan selisih satu gol, misal 2-3, 3-4, 4-5, dan seterusnya.Kenapa? Meski sama-sama mengantongi poin 3, Indonesia menang dalam produktivitas gol tandang. Namun, andai Indonesia kalah 0-1, maka yang lolos ke final adalah Vietnam.

3. Indonesia kalah 1-2. Karena agregat gol sama, maka pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu hingga adu penalti. Jika Indonesia bisa menang di perpanjangan waktu atau adu penalti, Boaz dkk lolos ke final.

Berdasarkan otak-atik di atas kertas, Indonesia punya peluang lebih besar untuk lolos ke final. Setidaknya ada dua alasan yang mendukung ini. Pertama, dari sejarah pertemuan di pertandingan resmi, dari 9 pertemuan, Indonesia memetik dua kali kemenangan, satu kali kalah, dan enam kali seri.

Faktor kedua adalah wasit yang memimpin pertandingan. Pada laga ini wasit yang memimpin pertandingan berasal dari Tiongkok, yakni Fu Ming. Patut diketahui, masyarakat Vietnam trauma dengan kepemimpinan wasit asal Tiongkaok. Sebab, mereka merasa, timnas Vietnam kerap dirugikan saat pertandingan dipimpin oleh wasit dari negeri tirai bambu.

Contoh termutakhir adalah semifinal Piala AFF 2014. Pada semifinal leg 1, Vietnam mengalahkan Malaysia 2-1. Namun di leg ke-2 kalah 0-1 berkat hadiah penalti yang diberikan wasit asal Tiongkok, Ma Ning, kepada Malaysia. Walhasil, Vietnam pun tersingkir.

Baca juga: Gempa Aceh: Mengukur Kekuatan Gempa