Find Us On Social Media :

Bayangkan Kehidupan Kita Tanpa 7 Teknologi Dasar Ini

By Agus Surono, Rabu, 7 Desember 2016 | 08:00 WIB

Tiga Hal yang Bisa Dilakukan Agar Data Ponsel Kita Tetap Aman

Intisari-Online.com- Kemajuan teknologi kadang ibarat pisau bermata dua. Membantu tapi juga mengganggu.Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Pergunakan dengan bijaksana. Lalu, bayangkanlah jika kita sekarang tanpa 7 teknologi dasar ini.

Dalam perkembangannya, ada beberapa teknologi dasar yang sepertinya tak tergantikan. Inovasi selalu membuat teknologi dasar itu semakin memudahkan hidup kita.

Nah, dari beberapa teknologi dasar itu, CHIP merangkum tujuh di antaranya yang pasti kita setujui, sulit membayangkan - saat ini tentunya - hidup tanpa teknologi dasar ini.

1. Pesan

Chat atau messenger yang jadi moda bertukar informasi saat ini tidak lepas dari lahirnya Short Messaging Service (SMS). SMS mengalirkan teks secara real time. Teknologi ini pertama kali dikemukakan oleh Matti Makkonen yang kemudian ia mendapat julukan “bapak SMS”.

Meski begitu layanan pesan ini justru dikembangkan oleh Friendhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert yang bekerja di Franco-german GSM pada 1984 dan lalu populer.

SMS berupa data yang besarnya semula hanya 128 byte, dan dikembangkan jadi 140 byte yang setara dengan 160 karakter. Kejayaan SMS terjadi pada 2010, waktu itu jumlah SMS sedunia mencapai 6,1 triliun, atau per detik mencapai 193.000 SMS beredar di seluruh dunia.

SMS pantas jadi pendapatan bagi operator kala itu. Keuntungan total dari SMS mencapai AS$114,6 miliar.

2. Kamera

Ternyata bukan Nokia yang pertama kali menyematkan modul kamera ke ponsel pintar. Melainkan Sharp. Perusahaan ini memakai sensor CCD (belum CMOS seperti sekarang) ke ponselnya bernama J-Phone yang dijual di Jepang.