Find Us On Social Media :

Dari Mesin Pesawat Sampai Mesin Tenun, Ini 7 Kisah Asal-Muasal Merk Mobil Terkenal

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 Juni 2018 | 11:30 WIB

Intisari-Online.com – Tahukah Anda bahwa pabrik-pabrik yang kini menghasilkan mobil ternyata ada yang memulai usahanya dengan membuat mesin pesawat terbang, mesin jahit dan bahkan sepeda roda tiga?

Berikut ini cerita tentang asal-muasal beberapa merk mobil terkenal.

Baca juga: Tak Perlu Mahal dan Ribet, Ini 10 Cara Mudah Agar Mobil Kinclong Ketika Lebaran

1. BMW

Anak-anak remaja sering bilang BMW itu singkatan dari Be My Wife (Jadilah Istriku). Konon karena mobil BMW termasuk modal yang meyakinkan untuk mencari pacar.

BMW sebenarnya kependekan dari nama perusahaan Jerman Barat Bayerische Motoren Werke.

Aslinya tahun 1916 ia didirikan di Munich sebagai pabrik mesin pesawat dan namanya Bayerische Flugzeug-werke.

Tahun 1923 ia mulai membuat sepeda motor dan lima tahun kemudian memproduksi mobil, yaitu setelah membeli Fahrzeugfabrik Eisenach.

2. Mercedes

Berlainan daripada yang sering kita dengar, Mercedes bukanlah nama putri Carl Benz, melainkan putri seorang diplomat dan hartawan Austria bernama Emil Jellinek.

Jellinek sering membeli mobil buatan pabrik Daimler untuk dipakai dalam balapan.

Tahun 1899 ia memasukkan salah sebuah Daimlernya ke perlombaan Tour de Nice di Prancis dengan memakai nama samaran Herr Mercedes.

Mercedes adalah nama putrinya yang baru berumur sepuluh tahun.

Pada perlombaan itu mobil Jellinek menang dan tahun berikutnya Perusahaan Daimler memakai nama itu untuk mobil-mobil yang dibuatnya.

Mobil-mobil itu dijual di Austria, Hongaria, Prancis, Belgia dan Amerika dengan nama Mercedes.

Jellinek mendapat hak sebagai penjual satu-satunya. Di negara-negara lain yang tidak ditangani penjualannya oleh Jellinek, mobil-mobil itu disebut Daimler Baru. Namun, akhirnya nama Mercedes lebih populer di mana pun juga.

Baru pada tahun 1925 Daimler bergabung dengan Benz, yaitu perusahaan yang didirikan oleh Carl Benz tahun 1886. Tahun berikutnya mobil-mobil keluaran Daimler-Benz dikenal sebagai Mercedes-Benz.

Kalau di Indonesia Mercedes mendapat nama panggilan Mercy, di tempat lain ia disebut si Merc.

Jellinek mempunyai seorang putri lain bernama Maya. Nama Maya juga dipakai untuk mobil yang pernah populer di kalangan ningrat Eropa. Maya itu buatan Porsche.

Baik Mercedes maupun Maya bukanlah nama Austria, melainkan Spanyol.

Baca juga: Unik, Hotel Ini Punya Kamar yang Bertemakan Mobil yang Membuat Kita Bisa Tidur di Mobil Mercedes

3. Chevrolet

Merk mobil lain yang populer sejak zaman baheula ialah Chevrolet. Mobil itu meminjam nama seorang ahli mesin Swis yang bekerja dalam bisnis sepeda di Prancis sebelum pergi ke AS pada pertengahan abad ini.

Tahun 1909 ia mencoba membuat mobil enam silinder untuk William Crapo Durant, pendiri General Motors di AS. Saat itu ia bekerja pada Durant sebagai pembalap. Dua tahun kemudian ia mendirikan Chevrolet Motor Co.

Namanya laku sebagai nama mobil karena dianggap musikal dan romantis. Kalau di mana-mana ia dibaca sebagai 'syefrolei', maka di Indonesia ia biasa disebut 'sifrolet'.