Find Us On Social Media :

Inilah Kesaksian Percobaan Pembunuhanm Bob Marley

By Hery Prasetyo, Senin, 5 Desember 2016 | 09:30 WIB

Bob Marley.

Intisari-Online.com - Sekitar 40 tahun lalu, percobaan pembunuhan terhadap Bob Marley terjadi di rumahnya, Kingston. Nancy Burke berada di sana dan menceritakan kembali kisah itu.

Selama 1970-an, Bob Marley lebih banyak berada di Pulau Karibia sebagai ibu kota reggae. Burke hidup di samping rumah raja Reggae itu dan dia merupakan pacar art designe Bob Marley.

"Saya suka musik, saya suka lirik-liriknya (lagu Bob Marley), saya juka ketukannya, dan saya suka bandnya," kata Burke dalam wawancara dengan BBC.com.

"Maka, sebuah kehormatan buat saya berada di sana, di belakang panggung, di bus, dan ikut pergi dalam show," tambahnya.

Bob Marley memang menjadi simbol kesuksesan musik Jamaika. Namun, pada saat yang sama di zamannya, negara sedang dalam kondisi miskin, kacau dan terbelah. Banyak geng kriminal yang saling berkelahi karena berebut lahan.

Perdana Menteri Michael Manley yang beraliran kiri sangat berpengaruh. Namun, tensi politik dan kekerasan meninggi saat terjadi pemilihan umum.

Pada 1976, pemilihan umum akan digelar. Bob Marley yang sebelumnya mendukung Michael Manley, kali ini tidak. Bob Marley menghendaki ada pergantian perdana menteri.

Untuk menurunkan tensi politik, Bob Marley menyarankan ada konser outdoor di Kingston ada Desember 1976. Perdana menteri Michael Manley mengizinkan, tapi mengubah tanggal conser bertepatan dengan pemilu. Bob Marley pun secara publik menjadi terkesan sebagai anteknya.

Burke pergi ke London untuk mendampingi salah satu pacar Bob Marley, Cindy Breakspeare, seorang model kontes Miss World. Mereka kembali ke Pulau Karibia pada 3 Desmber 1976. Setelah mandi dan ganti pakaian, Burke pergi ke rumah Bob Marley.

"Saat saya berjalan ke rumahnya, saya mendapati momen cepat yang menakutkan dan saya menggigil," aku Burke.

Dia melihat pintu gerbang ditutup dan ini tak seperti biasanya. Tapi, di dalam rumah, Burke ada seseorang yang tampak santai. Band sedang istirahat dari latihan.

Seseorang meminta Burke memindahkan mobilnya agar istri Bob Marley, Rita, bisa keluar mengendarai mobilnya sendirian. Saat gerbang depan terbuka untuk Rita, mobil lain mendadak masuk. Saat itu Burke sudah berada di ruang belakang, berbincang dengan anak-anak dan pengacara Bob Marley, Diane Jobson.