Find Us On Social Media :

Inilah 5 Senjata Andalan Israel yang Bakal Ditakuti Iran Seandainya Terjadi Peperangan, Seperti Apa Kedahsyatannya?

By Agustinus Winardi, Selasa, 12 Juni 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - Israel yang terus menerus mencurigai Iran mengembangkan program nuklirnya ditambah konflik militer antara keduanya di Suriah dipredeksi bisa menyebabkan peperangan antara kedua negara itu.

Tapi peperangan antara Israel dan Iran akan lebih menitik-beratkan pada pertempuran udara karena kedua negara berjarak lebih dari 1500 km.

Dengan pertempuran yang hanya bisa ditempuh melalui udara itu Iran memang patut  takut kepada Israel, mengingat Israel minimal memiliki lima senjata andalan yang bisa menjangkau daratan Iran dengan leluasa.

Lima andalan senjata Israel itu antara lain jet tempur siluman F-35, jet tempur F-15 Strike Eagle, rudal jarak jauh Jericho III, kapal selam Dolphin, dan sistem senjata pertahanan udara Arrow III.

Sekitar 100 jet tempur F-35 Lightning II yang akan dimiliki oleh Israel jelas merupakan pesawat siluman yang tidak akan bisa dilumpuhkan oleh Iran karena sulit ditangkap radar dan ditembak jatuh.

Baca juga: Penuh Kedamaian, Inilah 10 Foto Kehidupan Masyarakat di Yerussalem Sebelum Israel Merongrong Palestina

Apalagi jika F-35 bertempur bersama jet-jet tempur F-15 yang memiliki semua senjata untuk menghancurkan sasaran di udara, darat, dan laut serta bisa terbang ulang-alik Israel –Iran tanpa mengisi ulang bahan bakar di udara.

Dua pesawat tempur yang merupakan generasi paling canggih itu jelas bukan tandingan jet-jet tempur Iran seperti MiG-29, F-14, dan F-4, dan Mirage yang tergolong pesawat tempur tua.

Khusus untuk F-14 dan F-4 yang merupakan jet tempur buatan AS, bahkan sudah tidak dioperasikan lagi oleh militer AS.

Rudal-rudal jarak jauh Jericho III Israel yang bisa membawa hulu ledak 1000 kg juga bisa menghantam Iran karena jarak jelajah bisa mencapai 5000 km, sementara jarak antara Iran dan Israel hanya sekitar 1500 km.

Sementara kapal-kapal selam Israel yang merupakan buatan Jerman (Kelas Dolphin) dan AS, merupakan kapal selam yang bisa menyerang menggunakan rudal nuklir dari Laut Mediterania atau Laut Merah sehingga bisa menghajar Iran dengan lebih leluasa.

Baca juga: Iran, Negara yang Paling Semangat Lenyapkan Israel dari Muka Bumi dan Terus Berusaha 'Gandeng' Rusia

Israel sendiri dikenal sebagai negara yang memiliki ratusan bom dan rudal nuklir serta selalu dikembangkan demi kepentingan peperangan.