Find Us On Social Media :

Iran, Negara yang Paling Semangat Lenyapkan Israel dari Muka Bumi dan Terus Berusaha 'Gandeng' Rusia

By Agustinus Winardi, Sabtu, 9 Juni 2018 | 14:15 WIB

Intisari-Online.com - Ketakutan Israel atas kehadiran pangkalan-pangkalan militer Iran di Suriah adalah karena negara Revolusi Islam ini merupakan negara yang paling menginginkan Isarel lenyap dari muka bumi.

Negara yang mengancam ingin melenyapkan Israel memang menjadi negara yang paling ditakuti Israel karena bangsa Israel (Yahudi) sendiri pernah akan dimusnahkan oleh Nazi Jerman melalui program pembantaian massal (holocaust).

Oleh karena itu, Israel betul-betul mengawasi Iran termasuk melakukan serangan udara secara gencar terhadap posisi pangkalan-pangkalan militer Iran di Suriah.

Sebenarnya tujuan Iran mendirikan pangkalan militer di Suriah adalah untuk mendukung kekuasaan Presiden Bashar al Asaad yang penganut aliran Islam Syiah.

Baca juga: Ketika Bung Karno Punya Rudal Pertahanan Udara SA-2 Buatan Rusia, Pesawat Pembom Nuklir Inggris pun Tidak Berani Menyerang Jakarta

Tapi karena Iran juga mengincar Israel dan Israel sendiri berbatasan dengan Suriah di wilayah Dataran Tinggi Golan, drone-drone Iran pun sering terbang ke wilayah Israel untuk melakukan misi mata-mata.

Ada kemungkinan besar setelah pangkalan-pangkalan militer Iran di Suriah siap meluncurkan rudal balistik, maka serangan untuk melenyapkan Israel dari muka bumi bisa dilakukan.

Israel sendiri masih merasa aman dari ancaman serangan rudal Iran Khoramshahr yang bisa meluncur hingga jarak 2000 km karena telah memiliki senjata penangkis rudal, yakni Arrow-3.

Jadi ketika rudal Khoramshahr diluncurkan dari Iran dan rudal harus melalui wilayah udara Irak serta Suriah sebelum menghantam Israel, rudal Arrow-3 masih punya waktu yang cukup untuk menyergap dan menghancurkannya.

Baca juga: Rusia Jadi 1 dari 3 Negara di Dunia yang Secara Militer Dianggap Paling Sulit Ditaklukkan

Tapi jika rudal Khoramshahr dan rudal sejenisnya yang memiliki jarak tembak lebih pendek bisa diluncurkan dari Suriah dalam jumlah banyak, kawasan Israel pasti ada yang bisa dihantam rudal.

Lagi pula jika rudal Iran bisa diluncurkan dari Suriah kemungkinan kecil untuk jatuh ke negara lain bisa dihindari.

Oleh karena itu, kehadiran militer dan pangkalan Iran di Suriah memang bisa menunjukkan keseriusan Iran untuk menggempur Israel.