Find Us On Social Media :

Serasa Menjadi Atlet Berkat Inovasi Sepatu Lari

By Ilham Pradipta M., Rabu, 30 November 2016 | 12:00 WIB

Perkembangan teknologi sepatu lari, juga dibarengi dengan nilai estetika yang diusungnya

Intisari-Online.com - Mau tahu bukti majunya teknologi sepatu olahraga? Tengoklah dalam olahraga lari. Dulu, sepatu lari hanya ala kadarnya. Bahkan, banyak orang menggunakan sembarang sepatu untuk berlari. Saat itu pula sepatu lari belum ditujukan untuk meningkatkan performa, meminimalkan cedera, dan mengurangi kerusakan tubuh.  Begitulah yang diungkapkan Daniel E. Lieberman, profesor evolusi biologi manusia di Harvard University, AS.

Namun, kini tengoklah pelari-pelari yang tampil di Olimpiade 2016 di Rio, Brazil Agustus lalu. Di sana, atlet bukan satu-satunya yang menunggu bertahun-tahun untuk bersaing di hajatan akbar itu. Namun, beragam produsen sepatu juga turut berkompetisi memamerkan produknya. Alhasil, sepatu lari kini hadir dalam beragam varian model, warna, hingga inovasi.

(Baca juga: Mitos tentang Sepatu Lari)

Kenyamanan para atlet kala menggunakan sepatunya, memang menjadi modal yang menyokong untuk berprestasi. Dengan sepatu lari yang nyaman dan berkualitas tinggi, akan mudah bagi atlet untuk bisa menunjukkan potensi terbaik yang dimilikinya. 

Nah, menariknya lagi, perkembangan teknologi sepatu lari,  juga dibarengi dengan nilai estetika yang diusungnya. Lihat saja, banyak atlet yang tampil gagah dan bergaya  ketika memamerkan produk sepatu terbaru. Seperti Usain Bolt saat peluncuran Puma-Ignite Dual Bolt.

Di dunia sepak bola, kita bisa lihat Christiano Ronaldo yang tampil seperti pria metroseksual kala memamerkan jersey dan sepatu Nike-CR7 nya.

(Baca juga: Ini Alasan Komandan Paspampres Jokowi Menggunakan Sepatu Lari dalam Istana Kepresidenan)

Nilai estetika itulah yang membuat banyak orang memadukan sepatu lari untuk dikenakan sehari-hari. Jadi, sudah tak asing lagi bila kita melihat di tempat kerja hingga mal-mal, banyak orang yang mengenakan sepatu lari untuk tampil lebih bergaya.

Beda sepatu, beda keistimewaan

Saat ini olahraga lari semakin digandrungi banyak orang. Perlahan tapi pasti, “virus” olahraga ini mulai menyebar di perkotaan. Alhasil, sepatu lari saat ini tak hanya dipandang sekadar alas kaki semata. Teknologi dan inovasi dari hasil riset puluhan tahun oleh produsen terkemuka, mengubah peran sepatu. Kini, tak hanya sebagai teman berlari. Namun, alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa saat berlari.

Inovasi sepatu lari dan keistimewaan yang diusung tiap produsen sepatu lari memang berbeda satu sama lain. Ada yang memfokuskan pada tekanan saat berlari, menjaga stabilitas dan kesimbangan, hingga kelenturan dari sepatu tersebut. Nah, dari banyaknya produk dan jenis sepatu lari, kita bisa melihat produsen sepatu lari Brooks dengan seri Transcend 3.

(Temukan ulasan lengkapnya di Majalah Intisari edisi Desember 2016)