Find Us On Social Media :

Tujuh Fakta Mengejutkan tentang Kesehatan Vagina yang Perlu Anda Tahu

By K. Tatik Wardayati, Senin, 28 November 2016 | 18:23 WIB

Menjaga Kebersihan Vagina Agar Jamur Tidak Tumbuh Berlebihan

Intisari-Online.com – Meski sudah tahu bahwa vagina memerlukan perhatian,masih banyak wanita yang mengabaikan kesehatan vagina mereka dan enggan mengunjungi dokter ahli kandungan ketika mereka memiliki masalah. Padahal, ada beberapa fakta mengejutkan tentang vagina yang mungkin tidak mereka ketahui.

Fakta 1. Anda harus tahu bahwa vagina meliputi berbagai bagian seperti vulva, labia, leher rahim, dll, sehingga Anda memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang kondisi yang dapat mempengaruhi berbagai bagian vagina.

Fakta 2. Penting juga untuk belajar tentang keputihan. Dalam keadaan normal, cairan keluar dari vagina, tapi jika berlebihan, berbau seperti keju, itu bisa menjadi tanda infeksi jamur atau infeksi menular seksual.

Fakta 3. Jika ingin menjaga vagina sehat, sangat penting untuk menjaga kebersihan. Pastikan membersihkan vagina dengan air segar secara teratur. Juga, cucilah pakaian dengan bersih.

Fakta 4. Jika ingin mencegah infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual, pastikan buang air dan tidak mengontrolnya, dan mencuci vagina dengan baik, sebelum dan setelah berhubungan seksual.

Fakta 5. Jangan menggunakan produk sintetis untuk kebersihan vagina seperti douche, semprotan, dll, untuk membersihkan vagina, karena dapat merusak keseimbangan pH alami vagina, menyebabkan kekeringan, dan gatal.

Fakta 6. Ketika menggunakan pembalut atau tampon, saat menstruasi, pastikan Anda mencuci tangan sebelum menggunakan produk ini, karena bakteri yang ada di tangan mungkin kontak dengan vagina.

Fakta 7. Fakta lain adalah bahwa vagina mengalami perubahan dalam bentuk dan warna, seiring bertambah usia pemiliknya, dan ini benar-benar normal.