Find Us On Social Media :

Dianggap Terlalu Berani Menentang AS, Kuba di Bawah Castro Justru Ukir Banyak Prestasi Mengagumkan

By Ade Sulaeman, Senin, 28 November 2016 | 14:30 WIB

Fidel Castro

Intisari-Online.com - Salah satu hal yang paling diingat dari mendiang Fidel Castro adalah keberaniannya menentang dominasi Amerika Serikat.

Sesuatu yang diyakini banyak orang akan dengan cepat menghancurkan Kuba, khususnya secara ekonomi. Terutama setelah Amerika Serikat memutuskan untuk melakukan blokade, yang telah berlangsung selama 54 tahun.

(Baca juga: Saat Fidel Castro Terperangah Melihat Tongkat Bung Karno)

Namun, pada kenyataannya, Kuba di bawah pimpinan Castro meraih berbagai hal perting selama beberapa dekade, seperti dikutip dari teleSUR:

Kesetaraan Jender

Kuba menjadi negara pertama yang menandatangani dan kedua yang meratifikasi konvensi dikriminasi terhadap wanita. Kesetaraan ini terasa langsung di parlemen mereka, di mana setengah kursi parlemen di Majelis Nasional Kuba diisi oleh wanita.

Inovasi Kesehatan

Pada 1985, Kuba menciptakan vaksin meningitis-B. Tidak lama kemudian, mereka berhasil menciptakan vaksin Hepatitis-B dan demam berdarah. Kuba juga menjadi negara pertama did unia yang berhasil menghapuskan transmisi HIV dan sipilis dari ibu ke anak.

Standar Hidup

Pada 2014, tingkat pengangguran di Kuba berada pada angka 2,7 persen. Lalu, pada 2015, Kuba dilaporkan memiliki tingkat kematian bayi yang lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat.

(Baca juga: Inilah 5 Kegagalan Amerika Membunuh Fidel Castro)

Pendidikan