Find Us On Social Media :

Keramik "Super" dari Teknologi Cetak 3D Ini Lebih Kuat dari Sebagian Besar Besi

By Lila Nathania, Senin, 28 November 2016 | 09:02 WIB

Keramik super

Intisari-Online.com – Dengan adanya teknologi, semua hal bisa saja terjadi. Keramik pun bisa menjadi lebih kuat dari besi. Keramik dari teknologi cetak 3D ini lebih kuat dari sebagian besar besi.

Sebuah jenis keramik baru yang dicetak menggunakan teknologi tiga dimensi telah ditemukan. Keramik ini 10 kali lebih kuat dari jenis keramik yang biasa kita jumpai. Tak hanya itu, keramik canggih tersebut bisa menahan suhu panas hingga 1.500 derajat celcius lebih.

Menurut pembuatnya, kebanyakan keramik yang diproduksi saat ini memiliki bagian-bagian yang rapuh dan mudah pecah dalam proses produksi. Karena itu, keramik tidak bisa dipakai pada berbagai macam hal. Dengan teknologi yang baru ini, sekarang keramik bisa dicetak menjadi begitu macam bentuk yang kompleks. Keramik ini juga sangat tahan panas, lebih tahan dibanding beberapa jenis metal.

Dengan teknologi baru yang memungkinkan keramik untuk dicetak dalam berbagai macam bentuk tersebut, berarti  bahan ini bisa digunakan untuk banyak kebutuhan seperti suku cadang pesawat jet hingga chip komputer.

Rahasia dari keramik berteknologi tinggi ini ada pada proses pencetakan lilin pra-keramik. Bahan ini kemudian dipanasi sepanjang malam sehingga bisa kuat, tahan panas, dan dapat dibentuk menjadi berbagai macam hal sesuai keinginan kita.