Find Us On Social Media :

Sering ‘Ngantuk’ Usai Makan Siang? Ini Penyebabnya

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 30 November 2016 | 12:33 WIB

sering mengantuk usai makan siang

Intisari-Online.com - Setelah makan siang, tak sedikit orang yang sering mengantuk dan ingin tidur. Rasa kantuk yang sulit terelakan setelah makan bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Penelitian yang dilakukan oleh The Scripps Research Institute, AS, mengungkapkan, sering mengantuk usai makan siang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Di antaranya, kandungan protein yang tinggi, garam yang besar, atau mengonsumsi kalori dalam jumlah berlebih.

Baca juga: Hilangkan Kantuk di Tempat Kerja dengan Cara Ini

Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan penelitian terhadap lalat buah. Mereka menciptakan sebuah sistem yang dapat mengukur tidur dan perilaku makan dari lalat buah. Hasilnya ditemukan, lalat buah memiliki perilaku yang sama dengan manusia, yakni setelah makan mereka akan tertidur. Bahkan, mereka dapat tidur lebih lama.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa jenis makanan tertentu dapat mendorong seseorang untuk tidur usai makan. Demi memahami hubungan ini lebih dalam, para peneliti menciptakan Activity Recording CAFE (ARC), sebuah sistem untuk lalat melacak konsumsi makanan secara dan gerakan serangga.

Baca juga: Inilah Penjelasan dan Bahaya dari Kantuk Berlebihan di Siang Hari

Kemudian, lalat diberi makanan yang terdiri atas protein, garam, atau gula. Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal eLife itu menemukan bahwa hanya makanan yang mengandung protein dan garam yang dapat mempengaruhi tidur atau rasa kantuk usai makan. Terlebih jika dkonsusmi dalam jumlah banyak.