Find Us On Social Media :

Inilah 11 Ciri-ciri Orang Cerdas yang Tidak Terkait dengan IQ

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 22 November 2016 | 16:08 WIB

Enam Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional (1)

Intisari-online.com—Melalui situs platform tanya jawab profesional Quora, lebih dari 100 orang menjawab pertanyaan “Apa ciri-ciri umum orang yang cerdas?” Beberapa pengguna menjawab bahwa orang cerdas adalah rendah hati. Ada pula yang menjawab kalau orang cerdas adalah mereka yang memiliki pendidikan tinggi.Dari semua jawaban itu, terkumpullah 11 jawaban yang rupanya juga sudah disepakati oleh para ahli. Ternyata cerdas tidak selalu soal iq tinggi, begini 11 ciri-ciri orang cerdas :

1. Orang cerdas mampu beradaptasi

Orang yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi adalah orang yang fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai-bagai perbedaan. Ia tidak membatasi diri dalam pergaulan.

Ahli psikologi juga mendukung hal ini. Bahwa orang cerdas biasanya bisa mengubah perilakunya demi beradaptasi dengan lingkungan maupun sebaliknya mengubah lingkungan agar semakin cocok dengannya.

Baca juga: Jangan Khawatir, 8 Jenis Kecerdasan Ini Juga Sama Pentingnya Dengan IQ dan EQ (1)Beberapa Tanda Bahwa Anda Cerdas Secara Emosional

2. Orang cerdas tidak takut mengatakan “saya tidak tahu”

Orang yang cerdas biasanya mengenali kelemahan dan ketidaktahuannya. Walau begitu ia tidak malu untuk mengakui hal itu. Sebab ia sadar bahwa ia bisa mengubah ketidaktahuan dengan belajar.

3. Orang cerdas memiliki rasa ingin tahu yang tidak terpuaskan

Albeirt Einstein pernah mengatakan, “Saya tidak punya bakat spesial, hanya saja saya penuh rasa ingin tahu,” Dan lihat saja, Einstein menjadi salah satu jajaran orang paling cerdas di dunia.

Kebiasaan orang yang cerdas adalah ia selalu terpesona akan hal-hal yang belum diketahuinya.

4. Orang cerdas itu open minded

Orang cerdas tidak menutup dirinya dari ide-ide dan kesempatan yang baru. Ia mau terbuka, menerima, dan mempertimbangkan pandangan orang lain dengan pikiran yang terbuka pula.