Find Us On Social Media :

Sampai Usia Berapa Anak Perlu Tidur Dengan Orangtua?

By Lila Nathania, Minggu, 13 November 2016 | 21:00 WIB

Bayi harus sekamar dengan orangtua

Intisari-Online.com – Anak kecil biasanya selalu ingin tidur dengan orangtua. Sebagai orangtua, pernahkah Anda bertanya-tanya sampai usia berapa anak perlu tidur dengan orangtua? Ini jawaban para ahli.

Menurut pakar, anak harus tidur di ruangan yang sama dengan orangtuanya setidaknya enam bulan pertama. Lebih idealnya lagi, anak harus tidur dengan orangtua minimal di tahun pertama mereka. Itulah data yang dikeluarkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP).

Rekomendasi ini dikeluarkan dengan beberapa aturan, misalnya bayi harus tidur di ruangan yang sama dengan orangtuanya namun tidak di tempat tidur yang sama. Tidur di ruangan yang sama (namun tidak satu tempat tidur) terbukti bisa menurunkan risiko terkena Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi.

Para ahli hingga saat ini belum tahu apa sebenarnya penyebab dari SIDS. Walau begitu, SIDS biasanya terjadi pada bayi yang usianya di bawah satu tahun dan tidak ada penyebab apa pun. Karena itulah adanya orangtua di ruangan yang sama dengan bayi bisa membuat mereka lebih aman dan termonitor sepanjang malam.

Menurut dara dari Centers for Disease Control and Prevention, setidaknya ada 3.500 kasus kematian gegara SIDS setiap tahunnya di Amerika Serikat. Kematian ini selalu terjadi pada anak yang berusia di bawah satu tahun dan selalu tak ada alasan yang jelas. Angka ini baru menurun ketika mulai dikampanyekan kebiasaan tidur satu ruangan dengan orangtua.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencegah bayi meninggal karena SIDS?