Find Us On Social Media :

Enam Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Pernikahan

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 11 November 2016 | 22:00 WIB

Penting untuk mendiskusikan hal-hal yang krusial sebelum menikah.

Intisari-online.com—Banyak hubungan pernikahan yang hancur karena akhirnya menyadari ketidakcocokan di tengah jalan. Padahal bisa saja hal itu terjadi gara-gara tidak ada pembicaraan yang serius mengenai hal-hal yang krusial sebelum menikah. Setidaknya, ada enam hal yang harus dibicarakan sebelum pernikahan.

Pernikahan merupakan suatu hubungan yang rumit. Walau tampaknya akan sangat menyenangkan dan bahagia, ada hal-hal yang penting dibicarakan sebelum menikah. Berikut enam hal yang paling krusial untuk dibicarakan:

1. Uang

Ada pasangan yang enggan membicarakan hal ini karena terasa kasar, tidak romantis, bahkan tidak sopan. Kebanyakan dari kita bahkan merasa keuangan merupakan hal yang sangat pribadi, sehingga tidak perlu diungkapkan. Namun, tahukah Anda alasan nomor satu yang menyebabkan perselingkuhan bahkan perceraian adalah keuangan?

Uang merupakan hal yang sangat realistis untuk dibicarakan saat memutuskan untuk menikah dengan orang lain. Dengan membicarakannya di awal, masing-masing bisa menyadari perbedaan cara pandang dan cara pengelolaan uang.

Penting membicarakan soal keuangan secara terbuka agar masalah-masalah uang tidak menjadi problem yang merusak hubungan. Sebab problem yang timbul bukan soal uang semata, namun terdapat perasaan, kekuasaan, komitmen, saling menghargai, dan keadilan dalam sebuah hubungan.

2. Bagaimana Mengatasi Perdebatan

Bukan soal apa yang diperdebatkan, namun bagaimana cara kita berdebat. Itulah yang penting dibicarakan. Sebab, cara seseorang mengatasi persoalan bisa saja berbeda. Bisa jadi si pria mengatasi dengan logika, namun perempuan dengan perasaannya. Diskusikanlah hal ini sebelum menikah.

3. Bagaimana Memahami Kepribadian Pasangan

Setiap pernikahan akan melewati periode stres karena tidak satu hati dalam melangkah. Satu orang ingin maju, namun pasangannya tidak. Ketika tujuan semakin berbeda, di situlah pertengkaran bisa terjadi.

Maka, sebelum menikah, Anda musti memahami bahwa kepribadian, perilaku, dan karakter seseorang itu bisa berubah. Agar tidak terjadi pergesekan besar saat menikah nanti, pastikan untuk menyelidiki kepribadian sendiri dan kepribadian pasangan. Kalau ada yang harus diubah, kedua belah pihak harus bersepakat untuk berubah.