Find Us On Social Media :

Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Lebih Bahagia

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 9 November 2016 | 16:26 WIB

Berbahagialah untuk sekalipun hanya karena hal kecil.

Intisarionline.com—Terkadang kita sampai susah-susah melakukan atau mengejar hal besar untuk mendapatkan kebahagiaan. padahal, terkadang kebahagiaan itu datang dari hal kecil. Setidaknya ada 5 cara untuk lebih bahagia. Simak saja tips berikut.

1. Bersyukur setiap hari

Mengucapkan dan merasakan rasa syukur setiap hari terbukti dapat meningkatkan mood. Orang yang selalu menyadari dan mensyukuri setiap hal positif yang terjadi dalam dirinya biasanya lebih sehat dan energetik. Ia bahkan tidak cemas dan bisa tidur nyenyak.

2. Bergaul dengan orang-orang yang positif

Kebahagiaan merupakan sesuatu yang menular. Dr. Nicholas Christakis dan James Fowler, peneliti dari Harvard dan The University of San Diego menemukan, memiliki teman-teman yang bahagia meningkatkan kebahagiaan sebanyak 9%. Karena itu ketika Anda merasa jatuh, hubungilah teman-teman yang positif.

3. Berbagi kebaikan pada orang lain

Penelitian membuktikan bahwa mengeluarkan uang untuk membuat orang lain senang justru lebih membahagiakan ketimbang mengeluarkan uang bagi diri sendiri. Memberi merupakan tindakan yang bisa meningkatkan kebahagiaan.

Cobalah untuk melakukan kebaikan-kebaikan kecil bagi orang lain. Misalnya membantu orang lain membukakan pintu, menyeberang jalan, mentraktir teman, bahkan hal-hal kecil yang berarti bagi orang lain.

4. Menyediakan waktu bagi keluarga dan teman

Percayalah! Memiliki teman-teman dan keluarga merupakan hal yang sangat baik bagi kesehatan. Sedikit interaksi sosial sama buruknya dengan merokok 15 batang setiap harinya. Sekalipun Anda sibuk, pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan orang yang terkasih.

Gunakan jam istirahat makan siang untuk menelepon teman atau mungkin makan siang bersama. Intinya, berikan waktu bagi teman dan keluarga Anda.

5. Keluarkan uang untuk membeli pengalaman ketimbang barang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang merasa lebih bahagia saat ia mengeluarkan uangnya untuk menikmati berbagai pengalaman ketimbang membeli barang-barang.

Ketika kita membeli pengalaman, otak kita akan mengingatnya dalam jangka waktu yang lama. Sehingga kenangannya dapat diulang dan membuat kita lebih bahagia.