Find Us On Social Media :

Mengapa Kita Tidak Boleh Menaruh Korek Gas di Kabin Mobil?

By Ade Sulaeman, Rabu, 9 November 2016 | 14:05 WIB

Pengemudi Menyalakan Rokok saat Mengemudi, Mobil Ini Meledak dan Terbakar

Intisari-Online.com - Salah satu kebiasaan yang umumnya dilakukan para perokok adalah membawa korek gas kemanapun mereka pergi. Tidak terkecuali saat berada di dalam mobil. Apalagi, beberapa orang bahkan masih saja merokok ketika berada di dalam mobil, baik sebagai pengemudi maupun penumpang.

Terlihat sederhana memang. Namun, ternyata kebiasaan ini bisa sangat berbahaya, mulai dari sekadar meledak hingga bisa menyebabkan mobil terbakar.

Tentu saja kita jarang menemukan kejadian ini, namun, potensi bahaya tersebut tetap mengintai jika kita masih saja menaruh korek gas di kabin mobil.

Apalagi, kadang pemicu meledaknya korek gas bisa sangat sederhana, yaitu saat korek gas terlalu lama terpapar sinar matahari.

“Faktor lain mobil terbakar, salah satunya karena meninggalkan korek api gas di kabin, “ujar Anjar Rosadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) seperti dikutip dari Otomania.com, Selasa (8/11/2016).

Selain karena paparan langsung sinar matahari, korek gas di dalam kabin mobil bisa meledak jika suhu kabin tinggi. Meski tentu saja kondisi ini memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk terjadi dengan fakta bahwa sebagian besar pengguna kendaraan sekarang menggunakan AC untuk menjaga sushu kabin.