Find Us On Social Media :

Dari Harganya Murah Sampai Gratis, Inilah 4 Warung Makan Inspiratif di Indonesia

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 4 November 2016 | 10:04 WIB

Warung Shodaqoh di Yogyakarta.

Intisari-Online.com - Menurut Badan Pusat Statistik dalam situs web resminya bps.go.id, jumlah penduduk miskin di Indonesia sampai Maret 2016 mencapai 28,01 juta orang (10,86 persen). Data tersebut cukup miris mengingat Indonesia dilimpahi berbagai kekayaaan alam.

Salah satu yang mengkhawatirkan ialah kebutuhan pangan penduduk miskin. Padahal salah satu kebutuhan manusia ialah kebutuhan pangan. Di mana, setiap manusia membutuhkan asupan makanan yang cukup agar mampu beraktifivitas.

Untuk melengkapi itu semua, ternyata hadir beberapa dermawan yang mau membantu sesamanya. Dengan ikhlas, mereka membuka sebuah warung makan untuk orang yang tidak memiliki uang.

Siapa saja dan apa yang mereka lakukan? Inilah 4 Warung Makan Inspiratif di Indonesia.

Warung Shodaqoh di Yogyakarta

Pemiliknya ada seorang wanita berusia 33 tahun, namanya Yuniana Oktoviani. Sejak September 2014, ia berjualan di trotoar depan rumahnya di Jalan Gedongkuning 126B, Yogyakarya.

Menariknya, ia hanya buka setiap hari Jumat pukul 11.00 sampai 13.00 dan mengratiskan jualannya kepada mereka kaum miskin. Seperti anak-anak jalanan, penarik becak, pemulung, sampai tunawsima. Mereka berhak memakan dua porsi nasi.

Tentu saja, aksi ini menarik pengunjung. Dalam sehari, warung ini sanggup menjual 120 sampai 150 porsi nasi dan selalu habis setiap harinya.

Bersambung ke halaman 2...