Find Us On Social Media :

Rayakan Ritual Gowardhan Pooja, Orangtua di India Memandikan Anaknya Pakai Kotoran Sapi

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 3 November 2016 | 15:00 WIB

Ritua Gowardhan Pooja ditujukan untuk keberuntungan anak-anak.

Intisari-Online.com - Ada saja kejadian unik di India. Yang paling baru adalah tersebarnya video yang menunjukkan beberapa orangtua memandikan anaknya menggunakan kotoran sapi. Ini sejatinya adalah bagian dari ritual Gowardhan Pooja yang ditujukan untuk keberuntungan anaknya.

Seperti dilansir Mirror Online, di rekaman itu, tampak anak-anak duduk di tumpukan kotoran sapi yang berwarna kekuningan. Dalam ritual tersebut, orangtua memandikan anaknya, termasuk yang masih balita, dengan kotoran sapi.

Sang anak disuruh untuk menceburkan diri hingga berguling-guling di atas kotoran tersebut. Ritual tersebut diyakini para orangtua bisa membawa keberuntungan bagi anak-anak mereka. Tak hanya itu, ritual tersebut juga dipercaya bisa menyehatkan dan membawa aura positif bagi anak-anak.

Meski dipercaya membawa keberuntungan, anak-anak yang dipaksa melakukan ritual itu menangis dan berteriak. Mereka meronta dan ingin segera hengkang dari tumpukan kotoran sapi tersebut. Meski demikian, orangtua mereka tetap menyuruh anak-anaknya mandi kotoran sapi, seraya tubuh mereka ditutupi bunga berwarna jingga.

Ritual dalam video tersebut dilakukan oleh warga Betul, wilayah bagian Madhya Pradesh, India. Saban tahun setiap 2 November, warga melakukan ritual tersebut sehari setelah perayaan Diwali.

Meski dianggap bermanfaat bagi anak-anak, ritual tersebut menjadi sorotan terutama dari para dokter. “Saya tidak mengkritik, tapi saya juga tidak menyarankan. Sebab, kotoran itu berbahaya bagi anak-anak, apalagi bagi mereka yang sedang terluka,” ujar dokter Mangilal Rathore dari Rumah Sakit Pooja di Betul.

Menurutnya, bakteri di kotoran sapi itu bisa membawa penyakit dan menyerang kulit sensitif anak-anak. Seperti diketahui, sapi merupakan hewan suci dalam ajaran agama Hindu. Air kencing dan kotorannya dianggap membawa manfaat bagi kesehatan. Selain itu, membunuh sapi di negara tersebut juga dilarang.