Find Us On Social Media :

KangKang, Bayi Asal China yang Terlahir Seperti Memakai Topeng

By Mentari Desiani Pramudita, Rabu, 2 November 2016 | 19:09 WIB

Bayi KangKang terlahir seperti memakai topeng.

Intisari-Online.com- Siapa orangtua yang tidak ingin mendambakan seorang anak? Rasanya tidak ada. Karena setiap anak akan menjadi anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap orangtua. Namun, ternyata itu tidak dirasakan pasangan asal China ini.

Selama kehamilannya, Yi Xilian mengaku tidak ada masalah tentang kehamilannya. Ia tetap bisa melakukan aktivitas dan jarang sakit. Bahkan ia bersama sang suaminya tetap bekerja di Huizhou, Provinsi Guangdong, China Selatan.

Yi juga sering mengontrol kandungan setiap bulan di Women and Children Hospital di kota Xiangxiang. Dan menurut dokter semuanya normal.

Namun ketika dirinya telah melahirkan di salah satu rumah sakit lokal di daerah Changsha, Provinsi Hunan dan ingin melihat bayi perempuannya, semua keluarga termasuk sang suami tutup mulut.

Tidak tahu mengapa, Yi tetap memaksa untuk melihat bayi perempuannya yang diberi nama Kangkang dan ia tertegun.

Bayi KangKang lahir dengan kondisi tidak sempurna. Ia lahir dengan bagian wajah yang sumbing sehingga terlihat melintang. Ketika bayi seberat 4kg ini tersenyum, senyum itu bisa mencapai telinganya. Seolah bayi kecil itu memakai sebuah topeng.

Syok? Sudah pasti Yi rasakan. Bahkan ia merasa tidak sanggup melihat wajah putrinya itu.

Menurut dokter yang merawat, Profesor Wang Duquan, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan ini terjadi. Seperti infeksi selama perkembangan embrio dan salah minum obat selama proses kehamilan.

“Saya belum pernah melihat kasus seperti ini. Sedikit berbeda dengan bibir sumbing. Tidak hanya otot-otot wajahnya yang sumbing, tapi juga bagian tulang dalamnya sumbing,” jelas Profesor Wang Duquan.

Setelah 20 hari dilahirkan bayi KangKang sudah mengunjungi sebuah rumah sakit besar di Changsha. Menurut dokter di sana, ada operasi yang bisa dilakukan agar bayi kecil ini bisa sembuh. Namun, biayanya cukup mahal antara 300.000 sampai 400.000 Yuan dan pasangan ini tidak memiliki uang sebanyak itu.

Profesor Wang sebenarnya memberikan fokus untuk bayi KangKang. Menurutnya setidaknya bisa dilakukan dua kali operasi. Operasi akan menjahit celah-celah pada permukaan kulit, otot dalam, dan menrekontruksi tulang wajahnya. Namun, karena ia belum pernah menangani kasus ini, ia pun sendiri tidak yakin dengan hasilnya.