Find Us On Social Media :

Tujuh Bulan Menghilang, Ke Mana Perginya Istri Kim Jong Un?

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 1 November 2016 | 18:23 WIB

Kim Jong Un bersama istrinya yang sudah beberapa bulan ini menghilang dari publik

Intisari-Online.com - Tujuh bulan menghilang dan tak menampakkan diri membuat banyak orang bertanya-tanya: ke mana perginya istri Kim Jong Un? Lantaran tak kunjung mendapatkan jawaban, spekulasi pun bermunculan.

Ri Sol Ju belakangan ini menjadi spekulasi publik atas ketidakmunculannya di muka publik Korea Utara. Bahkan, kepopuleran Ri Sol Ju di muka publik sudah dikalahkan saudari iparnya, Kim Yo Jong.

Kim Yo Jong dikenal karena ikut mengemban tugas kenegaraan yang bertanggungjawab atas citra Kim Jong Un di mata publik. Ri Sol Ju dikatakan terakhir kali terlihat menemani Kim Jong Un pada 28 Maret lalu, saat meninjau daerah komersial baru di Pyongyang.

Sejak menjadi ibu negara pada 2012 lalu, Ri Sol Ju sempat sering terlihat menemani Kim Jong Un dan didokumentasikan di berbagai kegiatan. Namun, di 2016 ini, Ri Sol Ju hanya sempat muncul tiga kali di tiga bulan pertama, sebelum akhirnya tak kunjung muncul lagi hingga kini.

Baca juga: Inilah Resolusi Kim Jong Un pada 2016 yang Diragukan Banyak Pihak

“Ini pastinya menjadi sebuah hal yang mengejutkan, sebab Kim Jong Un selama ini sudah sering difoto media Korut,” kata seorang pengamat Pemerintah Korut, Toshimitsu Shigemura.

Spekulasi kemudian hadir bermacam-macam, dari soal kemungkinan bahwa Ri Sol Ju sedang hamil, pemerintahan Korut sedang goyang, atau pasangan nomor satu Korut itu sedang bermasalah. “Ada juga yang mengatakan soal serangan-serangan terhadap Pemerintah Korut. Mungkin saja Ri Sol Ju tak muncul ke publik karena selama ini dilindungi secara ketat,” lanjut Shigemura.

Sebelumnya, Ri Sol Ju juga pernah menjadi bahan spekulasi pada 2012 karena sempat menghilang dari publik. Namun, ketidakmunculan Ri Sol Ju pada saat itu ternyata atas alasan sang ibu negara baru saja melahirkan seorang putri.