Find Us On Social Media :

Akan Ada 330 Ribu Imigran Baru Masuk Kanada pada 2017

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 1 November 2016 | 12:33 WIB

Justin Trudeau ketika menerima pengungsi Suriah 2015 lalu

Intisari-Online.com - Diperkirakan akan ada sekitar 330 ribu imigran baru yang masuk Kanada pada 2017 nanti. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Imigrasi Kanada, John McCallum, mewakili negaranya.

Menurutnya, seperti dilansir Reuters, langkah itu antara lain dilakukan untuk membantu upaya pemerintah memacu pertumbuhan ekonomi akibat kurangnya tenaga kerja berbakat yang dialami para pemimpin perusahaan.

McCallun mengatakan, ia berjuang keras melawan kelompok anti-imigrasi. Kanada membutuhkan banyak tenaga kerja trampil, dan diharapkan sebagian besar imigran yang masuk memenuhi standar yang diharapkan. “Saya sungguh yakin bahwa membiarkan semakin banyak imigran ke Kanada merupakan kebijakan yang baik untuk alasan demografis,” kata McCallum kepada wartawan.

Baca juga: Ke Mana Perginya 9.000 Imigran Anak di Jerman yang Hilang Sejak Awal 2016?

Sebelumnya, Perdana Menteri Justin Trudeau pada 2015 telah menargetkan untuk menampung 25.000 imigran hingga Maret 2016. Penyambutan 163 imigran Suriah pada medio Desember 2015 oleh Trudeau menjadi awal yang menjadikan Kanada sebagai rumah aman bagi masa depan para pengungsi.

Beberapa pemimpin bisnis kecewa dengan keputusan pemerintah yang tidak meningkatkan target menjadi 450.000 imigran selama lima tahun ke depan. Target itu  sesuai dengan rekomendasi dari dewan penasehat ekonomi pemerintah dua pekan lalu untuk mengimbangi pertumbuhan demografi yang terus menurun di Kanada.

Dewan penasihat ekonomi mengharapkan pemerintah meningkatkan imigran yang memiliki ketrampilan atau bakat khusus pada dunia usaha dan mahasiswa asing. Tenaga kerja trampil dibutuhkan oleh dunia bisnis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, yang sebenarnya telah melambat selama beberapa tahun ini.

Perusahaan Kanada telah lama mengeluhkan hambatan birokrasi. Mereka mengatakan ada banyak hambatan untuk mendapatkan izin kerja, termasuk rekrutmen tenaga kerja baru.

Baca juga: Mengharukan, Paus Fransiskus Mencuci dan Mencium Kaki Para Imigran di Kamis Putih Jelang Hari Paskah

Berdasarkan rencana untuk tahun depan, jumlah imigran yang sersuai dengan kategori ekonomi akan meningkat menjadi 172.500 orang dari 160.600 orang tahun ini. Sedangkan jumlah pengungsi akan menurun menjadi 40 ribu orang dari 55.800 orang tahun ini.