Find Us On Social Media :

Rencana Demo 4 November: Inilah 5 Aksi Demonstrasi Terbesar di Muka Bumi Sepanjang Masa

By Mentari Desiani Pramudita, Senin, 31 Oktober 2016 | 19:30 WIB

Gerakan Occupy Wall Street.

Intisari-Online.com- Aksi unjuk rasa yang akan dilakukan ormas Islam pada tanggal 4 November telah membuat beberapa pihak khawatir. Untuk berjaga-jaga, kepolisian sudah menurunkan surat agar masyarakat lebih hati-hati dan waspada.

Sebenarnya, menurut Presiden Joko Widodo, unjuk rasa adalah hak demokratis warga. Tapi bukan memaksakan hak dan kehendak serta bukan hak untuk merusak.

Aksi unjuk rasa seperti demo, protes, dan lain-lain sebenarnya sering terjadi. Termasuk di beberapa negara di dunia. Namun, dalam catatan sejarah, ada 5 aksi protes terbesar sepanjang masa.

Gerakan Occupy Wall Street (2011- sekarang)

Sudah hampir enam tahun aksi ini digelar di seluruh dunia. Mereka menamakan diri gerakan Occupy, sebuah gerakan protes internasional terhadap ketimpangan sosial dan ekonomi yang terjadi di dunia. Tujuan dari aksi ini adalah membuat hubungan yang sejajar antara ekonomi dan politik di seluruh kalangan masyarakat. Mereka menganggap bahwa selama ini perusahaan besar dan sistem keuangan global sudah bertindak seenaknya. Sehingga mereka semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

Slogan gerakan ini adalah ‘We are 99 persen’. Artinya hanya 1 persen saja orang-orang yang diuntungkan dengan sistem sosial-ekonomi dunia ini. Sementara 99 persen lainnya mendapat kesulitan.