Find Us On Social Media :

Inilah 10 Perpustakaan Paling Indah di Dunia

By Mentari Desiani Pramudita, Senin, 31 Oktober 2016 | 16:08 WIB

Duchess Anna Amalia Library di Weimer, Jerman.

Intisari-Online.com- Siapa yang tidak tahu perpustakaan? Tempat ini hampir ada di seluruh sekolah dan universitas. Masalahnya tidak banyak siswa atau mahasiswa yang datang berkunjung. Sebab, perpustakaan identik dengan kata ‘kutu buku’. Namun jangan salah. Jika Anda masuk perpusatakaan-perpustakaan ini, dijamin tidak akan menyesal. Sebab, ini merupakan perpusatakaan paling indah di dunia.

Duchess Anna Amalia Library

Perpustakaan indah pertama ada di Weimar, Thuringia, Jerman. Pemiliknya adalah Putri Anna Amalia. Dibangun antara 1562-1565 oleh arsitek Nikolaus Gromann. Isi perpustakaan paling banyak berisi sastra Jerman dan dokumen sejarah. Terdapat satu juta buku, 10.000 peta dan 4.000 skrip musik.

2 September 2004, perpustakaan nan indah ini terbakar. Sekitar 50.000 buku terbakar dan hanya 6.000-an saja yang bisa diselamatkan. Butuh tiga tahun untuk meresortasi gedung perpusatakaan ini lagi. Oktober 2007, perpustakaan ini kembali di buka setelah menghabikan 18 juta Euro (Rp257 miliar).

Delft University of Technology (TU Delft) Library

Perpustakaan indah ini ada di kota Delft, Belanda. Perpustakaan ini dirancang sebagai ikon dari TU Delft. Arsiteknya bernama Mecanoo. Bagian atapnya mengerucut ke atas seperti kubah, simbol rekayasa dunia teknik. Tinggi kubah mencapai 42 meter. Sementara bagian lainnya tertutup rumput yang menurun seperti slide.

Di dalam perpustakaan, bentuk terbuka dengan langit-langit yang tinggu. Di bagian luar, tepatnya dibagian rumput, mahasiswa bisa bersantai. Untuk memudahkan mahasiswa, akan di buat tambahan area seperti ruang kecil untuk diskusi mahasiswa.