Find Us On Social Media :

Gavin Aung Than, Kartunis yang Menginspirasi Dunia Lewat Komik

By Lila Nathania, Minggu, 30 Oktober 2016 | 19:05 WIB

Gavin Aung Than

Intisari-Online.com – Pernahkah Anda mendengar tentang Zen Pencils? Inilah pria di balik kesuksesan komik tersebut, Gavin Aung Than, kartunis yang menginspirasi dunia lewat komik.

Gavin adalah seorang kartunis yang tinggal di Melbourne, Australia. Setelah bekerja di perusahaan desain grafis selama delapan tahun, ia memutuskan untuk keluar tahun 2011 silam. Ia keluar dengan harapan bisa benar-benar mengikuti passion-nya yaitu membuat kartun.

Setahun setelahnya pada 2012, Gavin meluncurkan Zen Pencils, sebuah blog yang isinya merupakan adaptasi berbagai kutipan terkenal menjadi komik. Proyek Gavin ini sukses besar. Hasil karyanya diulas oleh The Washington Post, The Huffington Post, Mashable, Buzzfeed, National Geographic, dan berbagai macam media besar lainnya. Zen Pencils juga dimasukkan ke dalam daftar 100 website terbaik tahun 2013 lalu oleh PCMag.

Saat ini juga sudah tersedia dua seri buku Zen Pencils yang bisa dibeli. Buku ini telah menjadi New York Times bestseller. Gavin sendiri bercerita bahwa di pekerjaan yang lama, ia sudah merasa sangat bosan. Ia akan menghabiskan banyak waktu untuk membaca Wikipedia, mencari-cari biografi tentang orang yang hidupnya lebih menarik darinya.

Kisah-kisah inspirasi itu akhirnya mendorong Gavin untuk berani melakukan sesuatu. Titik tolaknya adalah saat Gavin memberanikan diri untuk keluar dari pekerjaannya dan memutuskan untuk menjadi kartunis seutuhnya.