Find Us On Social Media :

Psstt, Inilah Daftar Perawatan yang Sebenarnya Sama Sekali tak Berguna Menurut Dokter

By Lila Nathania, Sabtu, 29 Oktober 2016 | 17:24 WIB

Perawatan ini ternyata sama sekali tak perlu

Intisari-Online.com – Pernah kesal dengan tagihan dokter yang membengkak? Psstt, inilah daftar perawatan yang sebenarnya sama sekali tak berguna menurut dokter.

Tim dokter baru-baru ini telah membuat daftar sejumlah perawatan yang sebenarnya sama sekali tak berguna atau hanya berguna sangat sedikit. Beberapa di antaranya adalah CT scan tak berguna atau tes darah yang seharusnya tak perlu. Daftar ini telah digabungkan oleh para pakar dari Academy of Medical Royal Colleges yang merepresentasikan 22 sekolah medis di Inggris.

Beberapa perawatan ini sangat sering dilakukan walau seharusnya tak perlu dilakukan. Beberapa di antaranya adalah saran dokter untuk melakukan x-ray. Sebanyak 60% dokter mengaku bahwa seharusnya pasien tak perlu x-ray nemun mereka akan tetap menyarankannya.

Melihat banyaknya hal-hal yang seharusnya tak perlu dilakukan, pasien sekarang dituntunt untuk lebih kritis dan meminta penjelasan dokter tentang hal apa saja yang perlu dilakukan oleh pasien. Dokter dan pasien harus sama-sama tahu bahwa prosedur yang dilakukan itu memang berguna.

Inilah beberapa hal yang seharusnya tak perlu dilakukan oleh pasien:

1. Tak perlu datang sehari sebelum operasi jika tak ada hal yang dikhawatirkan.

2. Beberapa kasus dislokasi tulang seharusnya tak perlu dioperasi besar dengan bius total karena bisa ditangani di IGD dengan cepat.

3. Air keran ternyata sama efektifnya dalam membersihkan luka dibanding dengan cairan steril.