Find Us On Social Media :

Mengapa Harus Mempersulit Hal yang Mudah?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 29 Oktober 2016 | 12:03 WIB

Mengapa hal mudah tetapi harus dipersulit?

Intisari-Online.com – Setiap hari, semut kecil tiba di tempat kerja sangat awal dan segera mulai bekerja. Ia menghasilkan banyak dan ia senang. Sang Raja, Singa, terkejut melihat bahwa semut bisa bekerja tanpa pengawasan.

Raja berpikir, jika semut bisa menghasilkan begitu banyak tanpa pengawasan, ia mungkin akan menghasilkan lebih banyak lagi jika memiliki seorang supervisor. Maka Raja merekrut lebah yang memiliki pengalaman luas sebagai pengawas dan terkenal karena menulis laporan yang sangat baik.

Keputusan pertama lebah adalah membuat clocking dalam sistem absensi. Ia juga memperlukan seorang sekretrasi untuk membantunya menulis dan mengetik laporan dan ia merekrut kelinci, yang membuat arsip dan memonitor semua  panggilan telepon.

Singa sangat senagn dengan laporan yang dibuat lebah dan memintanya untuk membuat grafik yang menggambarkan tingkat produksi dan menganalisis tren, sehingga ia bisa menggunakannya untuk presentasi pada pertemuan Dewan. Itu berarti lebah harus membeli komputer baru dan printer laser serta merekrut kucing untuk mengelola bagian teknologi informasi.

Semut, yang biasanya begitu produktif dan santai, tidak menyukai dokumen yang terlalu banyak dan pertemuan yang menghabiskan sebagian besar waktunya itu. Singa sampai pada kesimpulan itu adalah waktunya untuk mencalonkan seseorang yang bertanggung jawab atas departemen tempat semut bekerja.

Posisi itu diberikan kepada monyet, yang keputusan pertamanya adalah membeli sebuah AC dan kursi mahal ergonomis untuk kantornya. Monyet juga memperlukan komputer dan asisten pribadi, yang dibawanya dari departemen sebelumnya, untuk membantunya  mempersiapkan kerja dan kontrol anggaran strategi optimasi rencana.

Sementara itu departemen tempat di mana semut bekerja sedang sedih, karena tidak ada lagi yang tertawa dan semua menjadi pemarah. Pada saat itulah lebah meyakinkan Singa untuk kebutuhan memulai penelitian iklim lingkungan .

Setelah meninjau biaya untuk menjalankan departemen tempat semut bekerja, Singa menemukan bahwa produksi semut jauh lebih sedikit dari sebelumnya. Maka, ia merekrut burung hantu, konsultan bergengsi dan terkenal untuk melaksanakan audit dan menyarankan solusi.

Burung hantu menghabiskan tiga bulan di departemen itu dan datang dengan laporan yang sangat besar, dalam beberapa bab, yang menyimpulkan, bahwa departemen itu kelebihan staf.

Tebak, siapa yang dimarahi oleh Singa pertama kali?

Tentu saja, semut….. karena ia menunjukkan kurangnya motivasi dan memiliki sikap yang negatif.

Kalau sesuatu sudah berjalan rutin dan lebih mudah, mengapa harus dipersulit?