Find Us On Social Media :

Mobil Kemasukan Air saat Banjir? Lakukan Hal Ini Secepat Mungkin

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 27 Oktober 2016 | 14:03 WIB

Apabila air yang masuk di atas kursi hingga dashboard harus ditangani secara intensif.

Intisari-Online.com – Banjir bandang telah melanda Bandung, sebuah mobil hanyut hingga Sungai Citepus dan setidaknya satu mobil lainnya juga ikut terseret arus air yang sangat deras. Kasus banjir menjadi sebuah musibah dan saat mobil kemasukan air saat banjir, kita harus atasinya dengan sejumlah cara tepat.

Charlie Ryder sebagai instruktur di Universal Technical Institute asal Amerika Serikat melakukan uji coba dengan menenggelamkan sebuah sedan dan memberikan instruksi untuk bertindak langsung.

Pertama pastikan apakah air yang masuk sampai di atas kursi atau tidak. Apabila hanya sedikit yang berhasil menggenangi mobil, maka tidak perlu cemas, bersihkan dan keringkan saja menjadi solusi sederhananya.

Beda cerita apabila menggenang di atas kursi kita hingga dashboard. Apabila tidak ditangani secepat mungkin mobil dapat bermasalah di kemudian hari sehingga kita harus memulai dengan cek secara teliti.

Pertama kita lakukan hal ini agar bagian-bagian dari mobil tidak terkena jamur yang dapat tumbuh akibat air masuk. Kursi-kursi biasanya dipenuhi oleh air sehingga harus dikeluarkan dari interior mobil yang kita lanjutkan dengan pengeringan.

Kita juga dianjurkan agar mengambil karpet mobil untuk digantung dan keringkan. Jangan lupa sisa-sisa barang kecil yang berserakan di interior mobil untuk dibersihkan seperti contohnya ranting dan daun.

Setelah kering cek apakah air masuk ke mesin, hal yang jangan pernah dilakukan dalam proses pembersihan ini adalah menyalakan mesin. Ya, kemungkinan besar air berhasil masuk ke mesin sehingga oli telah tercampur. Apabila menyalakan mobil maka campuran air dan oli akan merusak mesin kita.

Sistem transmisi juga menjadi permasalahan lain, apabila tercampur air dan kita nyalakan mesinnya, maka kerusakan tidak dapat dihindari. Jangan lupa untuk mencabut aki untuk menghindarkan diri dari masalah yang dapat dipercikannya.

Bersihkan dan keringkan semuanya, ganti oli dan filter sebelum melakukan hal seperti menyalakan mesin. Interior dan mesin dapat dikeringkan dengan kerja keras, akan tetapi komponen listrik menjadi hal sulit yang tidak bisa kita lakukan sendiri.

Dalam proses pembersihan ini, dianjurkan untuk mendapatkan bantuan dari montir atau pergi ke bengkel. Akan tetapi pengeringan dan pembersihan beberapa hal seperti interior harus dilakukan secepat mungkin agar terhindar dari kerusakan seperti kerosi dan jamur.