Find Us On Social Media :

Seks, Satu dari Enam Penyebab Badan Gemuk Selain Kebanyakan Makan

By Ilham Pradipta M., Rabu, 26 Oktober 2016 | 09:01 WIB

Berat badan orang yang kurang aktif secara fisik, lebih mudah bertambah, karena kalori yang dibakar juga sedikit.

Intisari-Online.com – Kebanyakan makan dan kurang aktivitas memang menjadi penyebab utama kelebihan berat badan. Namun, sebenarnya banyak juga loh faktor lain yang mendukung kondisi tersebut. Nah, berikut ini penyebab badan gemuk:

1. Genetik

Supaya kalori dan energi dalam tubuh seimbang, dibutuhkan peranan gen. Nah, bagaimana kalau kita memiliki kedua orang tua yang kelebihan berat badan? Sayangnya, kemungkinan kelebihan berat badan akan meningkat 25-30 pesen.

Apa alasannya? Usut punya usut gen juga bisa mempengaruhi jumlah lemak dalam tubuh yang disimpan dan didistribusikan.

2. Diet

Mengonsumsi secara teratur makanan berlemak tinggi, makanan siap saji misalnya, dapat menambah berat badan kita. Sebab kandungan lemak tinggi dalam makanan itu sangat padat kalori. Tak hanya makanan saja, rutin mengonsumsi minuman ringan, permen, dan pencuci mulut juga bisa meningkatkan berat badan, loh. Biang keladinya adalah gula dan kalori yang tinggi.

3. Tidak beraktivitas

Jangan berharap banyak bila ingin memiliki badan ramping, tapi tidak pernah beraktivitas. Seperti menonton sepanjang hari hingga duduk seharian di ruang kerja, tanpa aktivitas fisik yang berarti. Nah, berat badan orang yang kurang aktif secara fisik, lebih mudah bertambah, karena kalori yang dibakar juga sedikit.

4. Faktor psikologis

Hati-hati bila stres, depresi, dan kecemasan menyerang. Mereka tak hanya menimbulkan masalah pada psikis kita saja, tapi juga fisik. Ternyata kondisi psikologis seseorang juga bisa mempengaruhi berat badannya. Sebab beberapa orang ada yang mengatasi stres, rasa cemas, atau depresi dengan makan secara berlebihan.

5. Seks

Nah loh , ternyata seks atau jenis kelamin juga berpengaruh. Apa pasalnya? Jadi pria memiliki lebih banyak otot dan lebih sedikit lemak dibandingkan dengan wanita. Nah, karena otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak, jadi pria menghabiskan 20 persen lebih banyak kalori daripada wanita, walaupun disaat istirahat. Bagi wanita sendiri, mencapai dan mempertahankan berat badan ideal mungkin merupakan tantangan yang lebih sulit.