Find Us On Social Media :

Inilah Empat Gejala Kanker pada Wanita yang Cenderung Diabaikan

By Ilham Pradipta M., Selasa, 25 Oktober 2016 | 17:01 WIB

Mual, sakit perut, atau kram yang luar biasa dan menyerang sepanjang waktu serta tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda perlu memeriksanya ke dokter.

Intisari-Online.com – Banyak gejala kanker pada wanita yang menyerupai gejala penyakit lain. Mereka cenderung berpikir kalau gejala itu hanya menandai suatu kondisi kesehatan yang tak berbahaya. Padahal, tak menutup kemungkin perubahan kesehatan dalam dirinya justru menjadi tanda adanya kanker dalam tubuh. Nah, berikut ini adalah gejala kanker pada wanita yang cenderung diabaikan:

1.Pendarahan di pascamenopause

Tak jarang bercak darah timbul yang menyerupai menstruasi, terjadi pada beberapa wanita yang telah menopause. Namun, menurut Maurie Markman, MD, ahli onkologi dari Cancer Treatment Centers of America, jika pendarahan itu terjadi secara konsisten, hal ini merupakan peringatan dini dari kanker rahim.

Kabar baiknya, menurut American Cancer Society, wanita yang didiagnosis pada tahap satu, ketika kanker belum menyebar, memiliki harapan hidup lima tahun sebesar 88 persen.

2. Perubahan pada payudara

Benjolan yang tak biasa pada payudara bisa menjadi pertanda dari kanker payudara. Namun, ternyata tanda kanker payudara tak hanya ditandai oleh hal itu saja. Menurut Rich Wender, MD, chief cancer control officer di American Cancer Society, perubahan warna payudara, pembengkakan, hingga perubahan pada puting payudara juga perlu diperhatikan secara saksama.

“Tanda-tanda itu belum pasti menandai kanker payudara, tapi itulah mengapa para wanita kerap menunda untuk mengonsultasikannya ke ahli medis,” katanya.

3. Kembung

Hampir setiap wanita mengeluh kembung selama menstruasi. Nah, hati-hati kalau kembung itu disertai sembelit yang konsisten saat periode menstruasi telah berakhir. Sebab hal itu bisa menjadi sinyal dari kanker rahim.

“Jika terjadi dalam beberapa minggu dan tidak membaik, berarti telah terjadi perubahan dalam tubuh Anda,” jelas Wender.

Kata  Moshe Shike, MD, gastroenterologist di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York City, banyak laporan mengenai penderita kanker rahim yang mengalami gejala samar-samar, seperti kembung, tapi cenderung mereka abaikan.

4. Sakit perut atau mual

Sakit perut atau mual tentu sering dialami tiap wanita. Keduanya bukan berarti menandai adanya kanker dalam tubuh. Nah, kalau mual, sakit perut, atau kram yang luar biasa menyerang sepanjang waktu dan tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda perlu memeriksanya ke dokter.

Kondisi medis itu bisa menandai masalah yang lebih serius. Seperti gejala leukemia, kanker esophagus, hati, pankreas, atau usus besar.