Find Us On Social Media :

Ilmuwan Menemukan Bukti Keberadaan Planet Kesembilan dalam Tata Surya?

By Lila Nathania, Sabtu, 22 Oktober 2016 | 12:35 WIB

Planet kesembilan?

Intisari-Online.com - Sejak kecil kita diajari ada delapan planet dalam tata surya kita. Namun, sekarang ilmuwan menemukan bukti keberadaan planet kesembilan dalam tata surya.

Dua hasil studi terbaru telah menunjukkan adanya bukti-bukti mutakhir adanya planet kesembilan yang berukuran besar dan terletak di pinggir sistem tata surya kita. Planet ini hingga sekarang masih disebut dengan nama 'Planet Nine'.

Planet Nine pertama kali ditemukan pada awal tahun 2016. Hingga sekarang, Planet Nine belum bisa diobservasi langsung karena letaknya sangat jauh. Planet ini jaraknya sekitar 70 kali lebih jauh ketimbang jarak matahari ke bumi.

Para astronom terus menyelidiki apa efek keberadaan Planet Nine pada sistem tata surya kita. Seorang peneliti asal California Institute of Technology, Mike Brown dan Konstantin Batygin, menduga bahwa pergeseran poros matahari salah satunya disebabkan oleh tarikan gravitasi Planet Nine. Planet ini memang sangat besar ukurannya sehingga sistem tata surya kita mau tak mau bergeser sedikit karena pengaruhnya.

Hasil penelitian pertama tentang Planet Nine sudah tersedia secara daring dan dipublikasikan dalam Astrophysical Journal. Isi dari penelitian ini adalah tentang kobtribusi momentum kaku Planet Nine terhadap perputaran matahari. 

Dengan massa 10 kali lipat bumi dan ukuran orbit yang sangat lebar, sangat besar kemungkinan bahwa Planet Nine bisa menggerakan sedikit pergeseran poros matahari. Walau begitu, dua riset ini masih belum bisa membuktikan dengan pasti keberadaan Planet Nine. Kita lihat saja beberapa tahun ke depan bagaimana perkembangannya.