Find Us On Social Media :

Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Mandi?

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 22 Oktober 2016 | 06:00 WIB

Mandi pagi atau malam hari punya plus dan minus masing-masing.

Intisari-Online.com - Mandi merupakan rutinitas sehari-hari untuk menjaga kebersihan tubuh. Sayangnya, tidak ada waktu yang tepat untuk mandi, entah itu pagi atau malam. Semua tergantung kebutuhan dan kebiasaan masing-masing individu. Lantas, pagi atau malam waktu yang tepat untuk mandi?

Kebanyakan dari kita memang lebih sering mandi di pagi hari dibandingkan malam hari. Hal ini tak lain karena rutinitas dimulai di pagi hari. Sebetulnya, baik mandi pagi atau malam hari punya plus dan minus masing-masing.

Menurut Shelly Carson, dosen psikolog di Harvard University, mandi pagi memiliki efek meditatif, yang dapat membuat orang bersantai, memberi kesegaran, hingga mendorong kreativitas. Selain itu, mendi di pagi hari juga diyakini dapat mmebuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

“Jika ingin memecahkan masalah dan bekerja kreatif, disarankan untuk mandi di pagi hari,” kata Carson.

Sementara itu, mandi malam juga memiliki dampak positif bagi tubuh. Bagi mereka yang sulit mendapatkan tidur malam, mandi malam merupakan solusi yang tepat. Selain membuat tidur lebih cepat, mandi malam juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

“Mandi malam dapat menjadi induksi untuk mendapat tidur secara alamiah,” Christopher Winter anggota di American Academy of Sleep Medicine sekaligus direktur medis pusat tidur di Martha Jefferson Hospital.

“Jadi ini adalah cara yang bagus untuk menipu tubuh masuk ke dalam pemikiran guna membuat tidur lebih cepat,” tambah Christopher.

Lanjut Christopher, mandi malam juga membantu menjaga kebersihan kulit, membersihakan kotoran, minyak, dan alergi usai seharian beraktivitas.

Jadi, Anda ingin mandi pagi atau malam hari? Semua tergantung kebutuhan ya.