Find Us On Social Media :

Tidak Perlu Tunggu Jadi Orang Hebat Dulu Untuk Mengubah Dunia, Lakukan 13 Hal Kecil Ini Sekarang!

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 20 Oktober 2016 | 14:40 WIB

Kita pun bisa mengubah dunia melalui hal kecil.

Intisari-online.com—Mengubah dunia? Wah tampaknya itu terlalu besar untuk dilakukan. Rasanya tidak mungkin untuk mengubah dunia ini sama seperti yang dilakukan orang-orang hebat itu.

Jangan merasa tidak layak dan mundur dulu. Sekalipun kita bukan orang-orang yang hebat, kita masih bisa kok melakukan sesuatu untuk memberi sedikit perubahan bagi dunia. Yuk, lakukan hal-hal kecil ini mulai hari ini!

1. Menjadi peace maker

Kita sering berbicara soal perdamaian dan mengecam peperangan dan terorisme, Namun masih banyak juga dari kita yang senang menciptakan konflik kecil dengan sesama. Tidak usah hal besar, apakah pagi tadi Anda baru mengumpat karena kesalahan orang lain di jalan raya?

Hal ini mungkin terlihat klise, tapi kita perlu berusaha untuk menciptakan situasi dan suasana yang damai, mulai dari hal kecil seperti dalam keluarga, tetangga, dan rekan kerja. Bayangkan jika kedamaian itu bisa ditularkan sedikit demi sedikit, betapa indahnya dunia ini!

2. Menolong orang lain

Menolong orang lain tanpa embel-embel “jika” dan “kalau” pasti lebih indah. Sayangnya kebanyakan jika hanya menolong dengan syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya, saya menolong jika saya memiliki uang, memiliki waktu, dan memiliki tenaga.

Padahal menolong tidak serumit itu. Mungkin kita perlu kembali ke pelajaran anak SD. Melihat perempuan tua kesulitan menyeberang, tolonglah. Melihat tetangga kita dalam kesulitan, tolonglah. Jangan hanya berpikir saja, tapi bertindaklah!

3. Ekspresikan emosi dengan cara yang sehat

Benar, kadang-kadang ada hal-hal yang membuat kita ingin marah. Its Ok, sebab kita adalah manusia. Namun, kita perlu belajar untuk melampiaskan amarah dengan benar dan sehat.

Ketimbang melampiaskan amarah dengan kata kasar yang bisa menyulut kemarahan orang lain lagi, mengapa tidak marah dengan cara yang sehat saja?

4. Lakukan daur ulang