Find Us On Social Media :

Pentingnya Pendidikan Kepribadian demi Mendongkrak Karier

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 21 Oktober 2016 | 10:03 WIB

Tanpa disadari, masalah kepribadian pada akhirnya dapat menghambat karier.

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda mendapati seorang karyawan yang sebenarnya terbilang cerdas, tetapi perjalanan kariernya terhambat? Bisa jadi hal itu karena kepribadiannya yang buruk. Nah, itulah mengapa pentingnya pendidikan kepribadian demi mendongkrak karier.

Tanpa disadari, masalah kepribadian pada akhirnya dapat menghambat karier. Misalnya, kurang percaya diri, egois, belum dewasa, kurang sopan, atau tidak bisa menempatkan diri sesuai dengan harapan perusahaan.

Hambatan lain, ketidakmampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan tepat dalam bahasa yang baik dan benar. Bahkan, terkadang penampilannya tidak menunjukkan citra perusahaan.Oleh karena itu, pendidikan atau kursus kepribadian begitu penting.

Netty Kalalo, instruktur sebuah sekolah kepribadian, mengatakan, pendidikan kepribadian sangat penting karena setiap orang perlu mengetahui bagaimana menimbulkan kesan yang baik pada pertemuan pertama dan selanjutnya dengan orang lain. Ditambah lagi, pengalaman-pengalaman internasional, baik secara fisik atau virtual maupun melalui internet.

Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis, ada beberapa hal yang harus diperlajari, seperti kecakapan etiket dan etika bisnis, pengelolaan waktu dan menentukan prioritas, penampilan visual, kecakapan memecahkan masalah, kecakapan berkomunikasi secara efektif, kecakapan presentasi (public speaking), kecakapan bekerja dalam tim (teambuilding), kecakapan menjual dan bernegosiasi, kecakapan interpersonal, serta tablemanners.

Lantas, bagaimana memilih institut kepribadian yang baik? Menurut Netty, memilih institusi kepribadian adalah dengan mempelajari track record-nya. Belum tentu institusi yang sudah lama eksis dan memasang harga mahal sudah pasti baik. Dengan menelusuri sejarahnya dan melakukan survei atas kinerja serta produktivitasnya, kita bisa menentukan apakah termasuk pilihan yang baik bagi kita.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah perlu mengikuti pendidikan kepribadian demi mendongkrak karier? Jika perlu, selamat mencoba!