Find Us On Social Media :

Akankah Kita Jadi Generasi Terakhir yang Memiliki Mobil?

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 19 Oktober 2016 | 11:02 WIB

Membagi kepemilikan mobil menjadi visi yang memiliki kemungkinan untuk terjadi di masa depan.

Intisari-Online.com – “Memiliki” tentunya berbeda dengan menggunakan. Konferensi Frontiers 2016 diselenggarakan di Pittsburgh, Amerika Serikat yang membahas sains, teknologi, robot, dan transportasi. Dalam acara itu Anthony Foxx selaku Menteri Transportasi AS mengatakan kita menjadi generasi terakhir yang memiliki hingga menyetir sebuah mobil.

Hal itu disampaikan karena kehadiran mobil otonomos yang dapat diartikan tanpa kemudi atau berjalan sendiri. Masa depan telah tertulis, kita akan menggunakan teknologi itu dengan perkembangan yang kerap terjadi terhadap mobil robot ini. Sebut saja Elon Musk, CEO dari Tesla yang mengatakan bahwa mobil otonomos penuh dapat diciptakan dalam beberapa tahun kedepan.

Sebuah panel bernama Urban Transportation Future mendiskusikan segala hal tentang masa depan dengan kendaraan otonomos. Salah satu pembicara adalah Robin Chase yang merupakan salah satu penemu Zipcar, sebuah perusahaan transportasi yang mendorong orang untuk membagi kepemilikan mobil dengan menyewa, baik per jam atau hari.

“Saya berharap bahwa orang-orang dapat membayangkan diri mereka sendiri tanpa memiliki mobil,” ungkap Chase yang menekankan fungsi kendaraan otonomos bukan hanya mengganti mobil tetapi memberikan alternatif untuk kepemilikan kendaraan. Kini AS menghabiskan 18% uang mereka untuk transportasi.

Tentunya regulasi akan dibuat apabila otonomos dan sistem berbagi kendaraan dijalankan. Foxx mencontohkan mobil dan pesawat terbang yang akhirnya diregulasi walaupun cukup lama hingga beberapa dekade. Tanpa kepemilikan mobil Foxx menganggap semua orang akan memiliki kehidupan lebih baik.

Apakah kita siap merelakan mobil kita untuk berbagi dan disetir oleh robot? Mari tunggu masa depan yang relatif tidak jauh ini.