Find Us On Social Media :

Ayah Tunggal Ini Buka Kelas Bagi Ayah-ayah Lain tentang Cara Mengepang Rambut Putri-putrinya

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 17 Oktober 2016 | 19:07 WIB

Philippe dan putrinya Emma.

Intisari-Online.com - Menjadi ayah tunggal memberi banyak pengalaman bagi Philippe Morgese. Beberapa pengalaman itu antara lain cara mengepang rambut dan kuku putrinya, Emma. Dari situ juga ia kemudian membuka kelas umum bagi bapak-bapak lainnya tentang bagaimana cara memanjakan putri-putrinya.

Kelas yang diinisiasi oleh Philippe itu bernama Daddy Daughter Hair Factory.

Kelas ini sejatinya telah dibuka Philippe setahun yang lalu. Tapi kembali menjadi ramai lagi saat ini setelah ia mengunggah foto-foto yang menggambarkan kemeriahan di kelasnya. Foto-foto itu pertama-tama muncul di Reddit.

Dalam kelas ini, para ayah diajarkan bagaimana merawat rambut dan kuku anak-anak mereka. Untuk kelas paling baru, dihadiri oleh 23 ayah, ayah tiri, dan seorang kakek. Kelas ini, menurut Phillippe terinspirasi setelah ia berjuang keras untuk menata rambut putrinya.

“Aku kesulitan menemukan cara menata rambut Emma (putrinya) ketika ia masih sangat kecil,” ujar Philippe kepada Metro.co.uk. “Seiring waktu berlalu, saya belajar banyak dan membuat semuanya lebih mudah. Aku tahu memulai kelas seperti ini akan mendapatkan banyak bantuan.”

Philippe percaya bahwa kelas ini tak sekadar mengajari para ayah mengepang rambut putri-putrinya. Kelas ini, menurutnya, bisa menguatkan hubungan antara ayah-putri. “Fatherhood sangat penting untuk perkembangan anak,” tegasnya.

Namanya kelas terbuka, yang ditekankan di sini adalah saling berbagi antar peserta. Tak ada yang paling pintar, tak ada yang paling bodoh. Semuanya saling melengkapi satu dengan yang lain. Ada yang bisa mengepang rambut tapi tak becus merawat kuku. Begitu juga sebaliknya.

Dari kelas ini juga muncul cerita yang mengharukan: seorang ayah dengan putri tirinya. Sepertinya, keduanya tidak terlalu dekat sebelumnya. Ketika mulai mengepang, “Putrinya yang 12 tahun langsung menangis, si ayah pun ikut menangis,” cerita Philippe.

Ke depannya, Philippe berharap Daddy Daughter Hair Factory terus berjalan, dan memberikan lebih banyak inspirasi terhadap hubungan ayah-putrinya. Tak hanya kelas faktua, Philippe juga membuat kelas virtual di situs web yang berisi tutorial dasar-dasar merawat rambut, panduang mengepang, mencuci, menyikat gigi, dan banyak lagi.