Find Us On Social Media :

Gunakan Sunglasses Bila Perjalanan Mudik Memakan Waktu Lama di Siang Hari

By Ilham Pradipta M., Jumat, 1 Juli 2016 | 08:00 WIB

Gunakan Sunglasses Bila Perjalanan Mudik Memakan Waktu Lama di Siang Hari

Intisari-Online.com – Saat berkendara, penglihatan yang jelas dan tajam tentu merupakan syarat mutlak. Nah, kadangkala kita membutuhkan kacamata dalam situasi tertentu. Misalnya, bagi kita yang hendak mudik dan menempuh perjalanan siang hari yang cukup lama. Kacamata dengan lensa hitam dapat bermanfaat untuk mengurangi sinar matahari yang dapat menyilaukan mata.

Saat berkendara di siang hari, sunglasses (kacamata hitam) dapat mengurangi pancaran sinar berlebih. Kalau tidak begitu, pancara sinar berlebih bisa mengakibatkan pandangan tidak jelas saat menyetir. Atau bisa juga menyulitkan mata bekerja dega sempurnah. Alhasil, bisa membahayakan keselamatan pengemdi dan penumpang di dalamnya.

Sebenarnya hal ini bukan sekadar untuk bergaya atau untuk keselamatan berkendara saja. Tapi juga bisa menjaga kesehatan mata dan kulit di sekitarnya agar terlindungi. Jadi, sinar matahari bukan sekadar mengganggu pandangan saja. Pantulan cahaya dari luar bisa membuat kerusakan pada mata seperti mudah lelah, timbul keriput di sekitar mata, iritasi berair, dan gatal.

Nah, jadi solusi terbaik untuk mencegah pantulan sinar yang menyilaukan terutama dengan memilih sunglasses yang berkualitas. Kita bisa memilih sunglasses yang meggunakan lensa polarized. Lensa ini berfungsi untuk mengurangi silau akibat pantulan cahaya.

Kalau kita perhatikan dengan saksama, ada perbedaan sunglasses biasa dengan polarized. Sunglasses biasa memang bisa mengurangi cahaya, tapi tidak seimbang dari semua arah. Sedangkan lensa polarized memblok seratus persen cahaya dari arah horizontal. Alhasil, lebih efektif untuk mengurangi silau. Nah, bila kita yang menempuh perjalanan mudik di dominasi pada waktu siang hari, akan lebih baik untuk memilih lensa jenis ini.

Sebelumnya, kita juga harus tahu kalau terganggunya penglihatan bukan hanya terjadi pada siang hari. Pada malam hari, penglihatan juga bisa terganggu akibat lampu mobil dari arah berlawanan. Apalagi bila mobilnya menggunakan High Intensity Discharge (HID). Karena HID menghasilkan cahaya yang lebih intens dibandingkan dengan halogen atau lampu neon. Gangguan penglihatan pada malam hari juga bisa disebabkan oleh lampu tembak yang berasal dari papan iklan di pinggir jalan.

Nah, untuk mengatasi hal ini, tidak dianjurkan menggunakan kacamata dengan lensa yang berwarna hitam. Kita bisa menggunakan kacamata anti silau dengan lensa bening yang mengandung anti UV.

(Intisari/Ahmad Junaedi)