Find Us On Social Media :

Studi: Lamanya Jam Kerja Tidak Membunuh Hubungan Asmara

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 12 Januari 2016 | 09:00 WIB

Studi: Lamanya Jam Kerja Tidak Membunuh Hubungan Asmara

Intisari-Online.com - Berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasi dalam jurnal Human Relations menemukan, tidak ada hubungan negatif antara lamanya jam kerja terhadap kepuasan hubungan asmara. Penelitian menyebut, lamanya jam kerja tidak membunuh hubungan asmara Anda. 

“Penelitian kami mempertanyakan asumsi bahwa bekerja lebih lama berbahaya untuk semua hubungan romantis,” kata studi tersebut.

Kebijakan konvensional dan penelitian tampaknya menunjukkan bahwa pasangan ganda, yakni karier-pasangan merupakan hubungan di mana kedua pasangan mengejar karier mereka harus memutuskan apakah mereka lebih memilih mengambil risiko karier atau hubungan romantis mereka.

“Penelitian kami mencoba untuk membantu menjawab pertanyaan apakah pasangan dual karier harus ragu-ragu untuk meluangkan banyak waktunya melakukan pekerjaan mereka ketika mereka takut pada konsekuensi hubungan yang negatif,” para peneliti mencatat.

Dalam studi tersebut, 285 pasangan mengambil bagian untuk mengetahui pengaruh jam kerja terhadap hubungan asmara. Dalam penelitian ini, penelitian meneliti hubungan antara waktu kerja para peserta, kehidupan pribadi, dan kebahagiaan dalam hubungan mereka masing-masing.

Tim peneliti dari Swiss dan Jerman menemukan, para pasangan mengganti waktu yang hilang bersama pasangan mereka dengan membuat sebagian besar waktu yang mereka memiliki setelah bekerja.  

Para peneliti menjelaskan, bagaimana orang-orang yang berkarier dengan jam kerja yang panjang merupakan hal penting dalam mengejar tujuan karier mereka, namun karier juga menyadarkan bahwa mereka tidak bisa memiliki segalanya dalam kehidupan pribadi mereka.

“Tidak ada hubungan negatif antara waktu kerja dan kepuasan hubungan,” kata peneliti dalam penelitian tersebut. (TimesofIndia)