Find Us On Social Media :

7 Kandungan Suplemen yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Sembarangan (2)

By Ade Sulaeman, Rabu, 3 Agustus 2016 | 08:30 WIB

7 Kandungan Suplemen yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Sembarangan (2)

Intisari-Online.com - Suplemen yang tujuannya untuk membuat tubuh bertambah sehat terkadang malah membahayakan. Hal ini disampaikan oleh JoAnn Manson, MD, kepala divisi pencegahan penyakit di Brigham and Women’s Hospital di Boston dan profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Beberapa kandungan suplemen bisa menjadi sangat berbahaya jika dikonsumsi sembarangan, antara lain:

4. Multivitamin: Bukan Pengganti Pola Makan Sehat

Sebuah studi pada Oktober 2011 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine meneliti data hampir 40.000 wanita di atas 19 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa, rata-rata wanita yang mengonsumsi suplemen multivitamin mengalami peningkatan risiko kematian dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi suplemen multivitamin.

Namun, penelitian yang lebih baru menyimpulkan hal yang berbeda. Studi terhadap lebih dari 8.000 pria dan wanita di atas usia 40, yang dilakukan Januari 2015 dan dimuat dalam Journal of Nutrition mengatakan, wanita yang mengonsumsi multivitamin selama tiga tahun atau lebih memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Bagi orang-orang yang sehat, kata Manson, multivitamin tidak pernah bisa menjadi pengganti untuk pola makan harian yanh sehat.

5. Suplemen Minyak Ikan: Pilih Ikan atau Biji Rami

New England Journal of Medicine memaparkan mengenai sebuah studi yang meneliti 6.000 orang dengan risiko penyakit penyakit kardiovaskular yang tinggi. Orang-orang ini diberik 1.000 mg suplemen Omega-3 setiap hari selama lima tahun.

Penelitian yang dilakukan pada pada Mei 2013 ini menyimpulkan, kelompok berisiko tinggi bernasib tidak lebih baik dalam hal tingkat kematian akibat kardiovaskular dibandingkan partisipan yang menerima plasebo.

Dokter setuju bahwa cara terbaik untuk mendapatkan Omega-3 Anda adalah dari makanan alami. American Heart Association Guidelines (AHA) merekomendasikan Anda mengonsumsi dua porsi ikan perminggu.

6. Kava-Kava: Bisa Membahayakan Hati Anda