Find Us On Social Media :

Pisang, Salah Satu Makanan yang Bisa Meredakan Masalah Perut

By Ilham Pradipta M., Kamis, 6 Oktober 2016 | 08:30 WIB

Pisang, Salah Satu Makanan yang Bisa Meredakan Masalah Perut

Intisari-Online.com – Bingung untuk meredakan sakit perut, mual, muntah atau masalah perut lainnya? Tenang saja, sebenarnya ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menenangkan masalah perut. Nah berikut ini selengkapnya:

1. PisangPisang telah menjadi makanan yang sering dikonsumsi oleh banyak generasi untuk menenangkan masalah perut. Pisang juga mengandung gula sehingga kebutuhan kalori tubuh tetap terpenuhi, bila kita sedang tak berselera makan karena masalah perut.

Kata Robynne Chutkan, MD, asisten profesor pada divisi gastroenterologi di Georgetown University Hospital in Washington, DC, kandungan kalium di dalamnya, dapat membantu kita bila mengalamai dehidrasi karena muntah atau diare.

2. Saus apelSaus apel dapat menenangkan perut kala diare menyerang. Bahkan, ia juga bisa menambah kalori yang telah terbuang. Saus apel berisi pektin (karbohidrat kompleks alami) yang bisa mengobati sembelit.

“Saus apel bisa membantu kita saat sedang sembelit, ia juga bisa baik dikonsumsi saat mengalami diare,” terang Chutkan.

3. SupSup tak hanya membantu kita untuk meredakan flu dan pilek saja, tapi ia juga bagus dikonsumsi saat perut bermasalah. Cairan dan kandungan garam yang ada di dalam sup membuat kita tetap terhidrasi. Sebab, garam dalam darah dapat membantu tubuh untuk menarik cairan.

“Sup atau kaldu sangat mudah dicerna bila tak dimasak di dalam lemak. Keduanya baik untuk mual atau masalah asam lambung,” kata Amit Bhan, MD, ahli  gastroenterologi pada Henry Ford Health System, di West Bloomfield, Amerika Serikat.

4. Teh herbalTeh herbal juga bisa menjinakkan saat perut sedang bermasalah. Sebut saja teh herbal chamomile yang bisa mebantu mengurangi peradangan. Ia juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Namun, jangan sekali-kali untuk mengonsumsi teh peppermint saat perut bermasalah. Ia bisa menyebabkan masalah asam pada perut dan membuatnya menjadi mulas.

5. Air kelapaNah, air kelapa juga bisa kita minum saat perut bermasalah. Air ini mengandung gula alami yang bisa memberikan kebutuhan kalori, elektrolit, dan kalium pada tubuh. Ditambah lagi, air kelapa juga mengandung vitamin C. Meyehatkan, bukan?

(Health.com/Amanda Gardner)