Find Us On Social Media :

Sering Lupa dan Sulit Fokus, 2 dari 10 Tanda Kita Alami Kepikunan Dini

By Ade Sulaeman, Selasa, 4 Oktober 2016 | 13:00 WIB

Sering Lupa dan Sulit Fokus, 2 dari 10 Tanda Kita Alami Kepikunan Dini

Intisari-Online.com - Pada umumnya Alzheimer terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut, yaitu lebih dari 60 tahun. Namun sebuah data terbaru menunjukkan bahwa mereka yang berusia lebih muda, bahkan remaja sudah menunjukkan tanda-tanda kepikunan atau hilangnya memori atau daya ingat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagai upaya pencegahan, yuk kenali 10 gejala pikun yang menyerang remaja sejak dini.

1.  Sering Lupa

Hal pertama yang harus dikenali adalah munculnya gangguan pada daya ingat, seperti lupa pada kejadian yang terjadi, lupa pada janji dan menceritakan hal-hal yang sama secara berulang kali.

Gejala ini perlu diwaspadai apabila terjadi terus menerus dengan frekuensi yang tinggi.

2. Sulit Fokus

Memiliki kesulitan untuk fokus terhadap sesuatu hal juga merupakan salah satu tanda Alzheimer mulai menyerang otak kita.

Hal ini ditandai dengan sulitnya melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan yang lebih parah akan sulit mengingat aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan, seperti lupa caranya memasak, lupa mengoperasikan handphone dan bekerja dengan waktu yang lama dari biasanya.

3. Sulit Melakukan Kegiatan yang Familiar

Kondisi ini ditandai dengan sulitnya melakukan tugas yag biasa dilakukan seperti sulit mengatur keuangan dan bingung bagaimana cara mengemudi.

4. Disorientasi

Disorientasi ditandai dengan bingung akan waktu, dimana penderita sudah tidak mengingat tanggal-tanggal penting, seperti ulang tahun atau lupa pada waktu untuk beribadah.