Find Us On Social Media :

Ini Dia, Sembilan Manfaat dari Aromaterapi (1)

By Ilham Pradipta M., Rabu, 5 Oktober 2016 | 06:00 WIB

Ini Dia, Sembilan Manfaat dari Aromaterapi (1)

Intisari-Online.com – Aroma terapi merupakan jenis pengobatan alternatif yang memanfaatkan penggunaan minyak esensial. Minyak esensial ini bisa kita manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan suasana hati. Cara kerjanya juga amat sederhana, yakni melalui indera penciuman. Nah, berikut ini adalah 10 manfaat aroma terapi bagi kesehatan fisik dan emosional.

1.Mengurangi kecemasan. Kemenyan, mawar, lavender dan bergamot, dapat membantu kita untuk mengurangi kecemasan melalui aromanya. Berdasarkan studi Iran University of Medical Sciences, aroma terapi lebih memberikan efek positif dari pada  footbath (sauna kaki) pada emosi wanita yang ingin melahirkan.

Saat hendak melahirkan bayi pertamanya, wanita yang menghirup aromaterapi seperti lavender, memiliki tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tak menghirupnya.

2. Melawan depresi. Sedang depresi? Cobalah hirup aroma clary sage. Efek dari aromaterapi ini bisa mendongkrak suasana hati yang sedang menurun. Tak hanya itu saja, clary sage juga bisa mengobati kecemasan berlebihan loh.

Sedangkan aroma chamomile, dapat menurunkan emosi negatif pada diri kita. Contohnya seperti mudah marah dan khawatir. Aroma terapi jenis ini juga dapat membantu meningkatkan kegembiraan, optimesme, dan menenangkan pikiran. Bahkan, aroma jasmine juga dikenal sebagai zat anti depresi karena meningkatkan rasa percaya diri.

3. Mengobati mual. Berdasarkan studi yang dilakukan University of Rochester Medical Center, jahe dapat membantu mengurangi mual pada orang yang mejalani kemotrapi. Minyak peppermint juga dikategorikan sebagai obat antiemetic, yakni obat yang mencegah dan meredakan mual dan muntah.

Untuk mengurangi rasa mual, kita bisa menaruh beberapa tetes minyak peppermint atau lavender pada tisu. Lalu, hiruplah aroma minyak tersebut. Selain itu, kita juga bisa meggunakan oil diffuser beraroma peppermint yang bisa kita letakkan di dalam rumah.

4. Meningkatkan kinerja otak. Bukan hanya makanan dan belajar saja yang bisa meningkatkan kongnitif otak. Ternyata aromaterapi juga bisa kok mengoptimalkan kinerja otak kita. Menurut sebuah studi Department of Neurology by the Oregon Health & Science University, minyak lavender secara signifikan dapat meningkatkan kinerja kognitif otak.

Sebenarnya tak hanya aromaterapi jenis lavender saja yang menguntungkan otak. Masih ada minyak lemon yang dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat pikiran jadi lebih tenang.  

5. Mempermudah tidur. Lavender, chamomile, marjoram, kemenyan, clary sage, valerian root. Keenamnya memiliki satu kesamaan, yakni membantu kita untuk lebih cepat terlelap. Valerian root telah digunakan selama ratusan tahun karena asamnya memiliki efek sedatif (zat-zat yang menekan aktivitas mental). Sedangkan kemenyan, dikenal untuk menghilangkan rasa gelisah ketika hendak tidur. Nah, cobalah aroma-aroma ini bagi Anda yang sukar tertidur pada malam hari.

(healthfitnessrevolution.com)