Find Us On Social Media :

Ini Dia, Sembilan Manfaat dari Aromaterapi (2)

By Ilham Pradipta M., Rabu, 5 Oktober 2016 | 06:30 WIB

Ini Dia, Sembilan Manfaat dari Aromaterapi (2)

Intisari-Online.com – Aroma terapi merupakan jenis pengobatan alternatif yang memanfaatkan penggunaan minyak esensial. Minyak esensial ini bisa kita manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan suasana hati. Cara kerjanya juga amat sederhana, yakni melalui indera penciuman. Nah, berikut ini adalah 10 manfaat aroma terapi bagi kesehatan fisik dan emosional.

6. Sistem imun makin prima. Sistem imun yang sehat, tentu dapat menjauhkan kita dari pelbagai penyakit. Nah, untuk mendapatkan sistem imun yang prima tak hanya dari makanan dan tidur saja. Aromaterapi juga bisa menguntungkan sistem imun tubuh.

Studi dari Medical University of Lodz menemukan, aromaterapi jenis clary sage amat efektif melawan staphylococcus aureus, bakteri yang melemahkan sistem imun. Infeksi yang disebabkan oleh staphylococcus aureus bisa menyebabkan jerawat, pnemonia, meningitis dan arthritis.

Selain clary sage, ada juga minyak pohon teh yang bisa digunakan sebagai antiseptik dan mengobati masalah kulit. Misalnya, seperti ruam atau iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga. Ada juga minyak kayu putih yang terbukti memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur.

7. Mengurangi rasa sakit. Minyak pala bisa kita manfaatkan untuk mengurangi peradangan kronis dari penyakit kanker dan diabetes. Di samping itu, minyak kelapa memiliki antiinflamasi yang bisa mengurangi nyeri rematik dan pembengkakkan pada sendi. Sedangkan pohon teh dan minyak kelapa, dapat mempercepat proses penyembuhan untuk setiap penyakit kulit. Seperti ruam atau luka kecil serta goresan.

8. Menjaga sistem pencernaan. Mencium aromaterapi yang kita masukkan ke dalam makanan, bisa merangsang pelepasan cairan pencernaan dalam mulut, lambung, dan usus kecil. Minyak aromaterapi seperti chamomile juga dapat meredakan sakit maag dan masalah keasaman lainnya.

9. Meredakan sakit kepala. Rosemary, kayu putih, peppermint, spearmint, dan minyak lavender juga memiliki satu kesamaan. Sama-sama dapat mengobati sakit kepala. Bahkan, minyak-minyak ini telah digunakan selama ribuan tahun lamanya. Hebatnya lagi, minyak esensial ini dapat mengobati sakit kepala secara lembut, tanpa efek samping.

(healthfitnessrevolution.com)