Find Us On Social Media :

5 Hal Ini Bikin Anda Tidur Nyenyak

By MeetDoctor, Senin, 10 Oktober 2016 | 06:30 WIB

5 Hal Ini Bikin Anda Tidur Nyenyak

Intisari-Online.com - Tidur merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup. Tidak hanya sebagai waktu tubuh Anda untuk beristirahat, namun juga untuk memperbaiki mood dan menjaga kesehatan. Namun, kebanyakan orang dewasa yang membutuhkan setidaknya 7-8 jam perhari untuk tidur, tidak memiliki cukup waktu untuk tidur akibat aktivitasnya sehari-hari.

Kekurangan tidur akan menyebabkan beberapa hal yang di antaranya adalah bisa meningkatkan stress dan menurunnya daya tahan  tubuh. Obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tidak jarang ditemukan juga pada orang yang jarang atau sulit tidur. Berbagai hal dapat memicu kurangnya waktu tidur Anda, seperti karena ketergantungan teknologi dan terlalu memikirkan banyak hal. Berikut tips dan trik untuk memperbaiki waktu tidur dan membuat tidur Anda lebih berkualitas:

Kurangi penggunaan gadget

Teknologi yang semakin hari semakin canggih seringkali membuat para penggunanya menjadi ketergantungan dan terikat hingga sulit rasanya melepas gadget dari tangan. Tanpa disadari, penggunaan gadget yang berlebih membuat waktu tidur menjadi terpotong akibat penggunanya lebih memilih mengecek halaman sosial media dan chatting ketimbang segera tidur. Salah satu cara agar waktu tidur Anda tidak berkurang adalah dengan segera mematikan gadget dan meletakannya di daerah yang sulit dijangkau sehingga Anda tidak tertarik/malas untuk mengecek gadget tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mulai menghapus beberapa aplikasi dalam gadget yang menarik Anda untuk selalu memeriksa gadget, dan mulai membaca buku yang bisa menimbulkan rasa kantuk.

Sortir dan selesaikan masalah secepat mungkin

Terlalu memikirkan banyak hal tidak hanya menjadi factor pemicu stress, melainkan juga membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman atau tidak berkualitas. Terlebih lagi jika Anda memikirkan masalah terlalu lama. Untuk mengembalikan waktu tidur, Anda harus mulai membenahi dan menyelesaikan masalah yang dimiliki. Buatlah prioritas terlebih dahulu dan ada baiknya jika Anda bisa mendiskusikan masalah dengan orang lain sehingga Anda tidak berpikir sendirian.

Berolahraga

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan berolahraga. Selain menyehatkan tubuh dan menjaga kestabilan emosi, olahraga juga mampu mengatasi stress hingga meningkatkan kualitas tidur Anda.

Buat kamar tidur menjadi nyaman

Tidak harus langsung merenovasi kamar, namun Anda bisa membuat perubahan kecil yang bisa membuat dampak yang besar bagi Anda. Misalnya dengan mengganti gorden kamar menjadi lebih gelap, merubah posisi tempat tidur, dan pastikan bahwa kasur dan bantal Anda nyaman. Hindari adanya TV di dalam kamar tidur karena akan mengalihkan niat Anda untuk tidur.

Jauhi rokok dan kopi

Rokok dan kopi bukanlah teman yang baik untuk tidur, namun malah menjauhi diri Anda dari keinginan untuk beristirahat. Kopi mengandung kafein yang bertindak sebagai stimulan pada sistem saraf pusat dan metabolisme tubuh sehingga memaksa tubuh untuk terus bekerja dan beresiko membuat pola tidur Anda menjadi terganggu.

Ditinjau oleh: dr. Adnan YusufSumber: meetdoctor.com