Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Cara Sederhana Agar Terhindar dari Flu dan Pilek

By Ilham Pradipta M., Selasa, 11 Oktober 2016 | 08:30 WIB

Ini Dia, Lima Cara Sederhana Agar Terhindar dari Flu dan Pilek

Intisari-Online.com – Menurut Centers for Disease Control and Prevention, orang dewasa akan terserang pilek dan flu setidaknya dua hingga tiga kali dalam setahun. Padahal, kedua penyakit itu bisa dicegah bila mereka mau untuk melakukan vaksin flu. Namun, faksin flu memang bukanlah satu-satunya cara untuk mencegah penyakit ini. Nah, berikut cara sederhana untuk terhindar dari flu dan pilek.

1. Sarapan yoghurtGaya hidup seseorang barang pasti mempengaruhi kondisi kesehatannya. Nah, menurut  dr. Holly Phillips, MD, a general internist New York City, mengonsumsi yoghurt merupakan cara cerdas untuk terhindar dari flu.

Sebuah penelitian mengatakan, orang-orang yang mengonsumsi probiotik melalui suplemen atau makanan terfermentasi, seperti yoghurt, risiko untuk terserang infeksi pernapasan atas akan berkurang sebanyak 12 persen.

2. Membuka jendelaMenghabiskan waktu sepanjang hari bersama orang banyak di kamar atau ruangan dengan sistem sirukulasi udara yang cenderung tertutup, bisa menimbulkan risiko untuk terjangkit virus flu. Oleh sebab itu, membiarkan udara segara sedikit beredar akan membuat partikel virus di udara terus bergerak. Alhasil, partikel virus ini akan.

 lebih sulit untuk terhirup oleh kita.  

3. Mengonsumsi jamurPenelitian terbaru yang diterbitkan Journal of the American College of Nutrition menghasilan bukti baru untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya sederhana kok, yakni hanya rutin mengonsumsi jamur, seperti shiitake mushroom.

Dalam penelitian itu, orang-orang yang mengonsumsi shiitake mushroom, menunjukkan peningktan sel T (kelompok sel darah putih). Tak hanya itu saja, tingkat sel-sel peradangan dalam tubuh mereka pun kian berkurang.

4. Menghindar dari si tukang bersinBukanya kita bersikap kasar atau tak sopan. Namun, menurut dr. Philips, berpaling dan menghindari dari mereka itu sangat penting untuk terhindar dari kuman dan virus. “Kuman dalam partikel bersin bisa berjalan sejauh 20 kaki,” jelasnya.

5. Berhenti menyentuh bibir“Tidak menyentuh wajah atau bibir sangat memotong peluang kita untuk sakit,” ujar Margarita Rohr, MD, ahli dari NYU Langone Medical Center. Sebab, tangan bisa menjadi sarang dari banyaknya kuman. Apalagi tak mencuci tangan setelah dari toilet.

Sayangnya,, hal itu mudah dikatakan, tapi sulit untuk dilakukan. Sebab, rata-rata tiap orang akan memegang mulut atau hidung lebih dari tiga kali dalam satu jam.Nah, untuk menghentikan kebiasaan itu, cobalah duduk di tangan kita sendiri saat sedang menganggur. Sepintas memang terdengar aneh, tapi hal ini sangat membantu.

(Health.com)