Find Us On Social Media :

Tidur Tak Selamanya Mulus

By K. Tatik Wardayati, Senin, 31 Januari 2011 | 10:24 WIB

Tidur Tak Selamanya Mulus

Proses tidur yang tampaknya sepele ini tak selamanya mulus. Beberapa dari mereka mengeluh tak bisa tidur bila malam tiba. Padahal tidur merupakan kesempatan otak untuk "beristirahat". Tidur juga merupakan kesempatan tubuh untuk memproduksi berabgai hormon, termasuk hormon pertumbuhan. Pada masa dewasa, tidur merupakan kesempatan tubuh memperbaiki jaringan yang rusak.

Insomnia merupakan keadaan dimana seseorang tidak bisa tidur bila malam tiba. Dikategorikan sebagai penderita insomnia, bila:

Kualitas tidur yang buruk, terjadi bila seseorang berangkat tidur tapi tidurnya tidak pulas, sering terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur lagi, ataupun bangun terlalu pagi. Akibatnya, ketika bangun, tubuh tidak terasa bugar. Sedangkan kuantitas atau kebutuhan tidur masing-masing individu berbeda-beda. Para ahli menganjurkan tidur 7 - 8 jam setiap hari, tapi beberapa orang yang hanya tidur 5 jam saja bangun dalam keadaan bugar. Jadi kualitas tidur yang perlu diperhatikan untuk membuat tubuh tetap segar bugar ketika bangun pada keesokan harinya.

Secara umum, penyebab insomnia terbagi menjadi dua:

Salah satu cara mengatasi insomnia adalah dengan terapi perilaku yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Terapi tersebut bisa dengan:

(Sumber: Menu Sehat)