Find Us On Social Media :

Menepis Mitos Soal Yoga

By Agus Surono, Senin, 28 Februari 2011 | 10:41 WIB

Menepis Mitos Soal Yoga

Yoga bisa untuk siapa saja. Bukan sesuatu yang rumit dan untuk kalangan tertentu. Dari segi fisik, yoga akan membantu meningkatkan kelenturan otot dan kekuatan tulang. Bahkan yoga bisa membantu menyembuhkan penyakit tertentu. Juga dapat menurunkan berat badan.

Masih banyak manfaat yoga yang sayangnya tertutup oleh mitos-mitos yang melingkupinya. Apa saja mitos itu? Buku Siapa Bilang Yoga Itu Sulit karangan Connie Siska memaparkannya.

Mitos 1: Yoga Bukan Untuk Orang Gemuk

Mitos ini jelas salah. Justru dengan berlatih postur yoga secara teratur dan diimbangi pola makan yang sehat akan menurunkan berat badan seseorang. Jika Anda baru dalam beryoga, berlatihlah dengan guru yoga yang berpengalaman yang dapat memilihkan postur-postur yoga yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Mitos 2: Yoga Itu Akrobat

Ini pendapat ngawur yang membuat orang jadi takut dan ragu untuk berlatih yoga. Pendapat seperti ini bisa jadi muncul lantaran melihat sampul sebuah buku yoga yang memperlihatkan, misalnya, posisi orang beryoga dengan kepala di bawah, kaki terlipat-lipat di atas.

Memang, ada postur seperti itu. Hanya saja itu untuk mereka yang sudah advance. Dilakukan oleh mereka yang sudah berlatih yoga bertahun-tahun. Pada awalnya mereka juga berlatih dengan postur sederhana yang jauh dari kesan akrobat. Selanjutnya, dengan latihan yang teratur otot tubuh akan bertambah kuat, tingkat kelenturan bertambah dan akan bisa melakukan postur yoga yang lebih rumit.

Mitos 3: Yoga Hanya Untuk Orang Muda Yang Sehat

Sekali lagi perlu ditegaskan bahwa yoga bisa dilakukan oleh siapa saja. Tua, muda, pria, wanita, sehat, atau memiliki masalah kesehatan. Tentu saja postur yoga akan disesuaikan dengan masing-masing orang. Dengan berlatih yoga secara teratur, masalah kesehatan akan berangsur pulih.

Di beberapa negara Barat seperti AS, sudah banyak dilakukan penelitian oleh ahli kesehatan tentang manfaat yoga. Bahkan yoga telah diterapkan sebagai pelengkap dalam penyembuhan suatu penyakit.

Masih banyak mitos lain seputar yoga. Banyak yang harus kita telaah lebih lanjut. Intinya, cobalah dulu sebab guru yang berpengalaman akan mengajari langkah demi langkah dari postur yang mudah.

Selamat beryoga!