Find Us On Social Media :

Jadilah Pembeli Yang Cerdas

By K. Tatik Wardayati, Senin, 2 Mei 2011 | 13:17 WIB

Jadilah Pembeli Yang Cerdas

Ingin hidup sehat? Mulailah mencermati label informasi nutrisi pada kemasan makanan karena tabel ini bukan hiasan semata.

Pemerintah melalui Badan POM membuat standardisasi pencantuman informasi nilai gizi pada makanan. Dengan pencantuman nutrisi, produsen maupun konsumen sama-sama memiliki keuntungan. Bagi produsen, label nutrisi dapat menjadi sarana pemasaran karena menjabarkan sederet nutrisi pada produknya sehingga tampak lebih meyakinkan. Sedangkan bagi konsumen, info ini menjadi bahan pertimbangan pada saat berbelanja.

Informasi ini memiliki manfaat kesehatan, khususnya bagi mereka yang peduli kesehatan atau memiliki penyakit seperti diabetes, darah tinggi, jantung koroner, atau asam urat. Contohnya, makanan bebas garam atau rendah garam sangat cocok untuk penderita darah tinggi. Begitu pula makanan yang kadar gulanya nol atau rendah pas banget untuk penderita penyakit diabetes. Atau penderita jantung koroner dan obesitas yang baik mengonsumsi makanan bebas lemak atau rendah lemak.

Begitu pula pada makanan khusus anak-anak yang selalu tampil menarik. Warna menjadi salah satu penentu selain rasa tentunya. Tak jarang ada penambahan bahan-bahan seperti pewarna, pemanis, aroma atau penguat rasa menjadi hal yang biasa dalam industri makanan.

Mengingat pentingnya informasi, tak ada salahnya mewarisi kebiasaan membaca label nutrisi kepada anak-anak. Memperkenalkan nutrisi kepada anak sejak dini dapat menjadi bekal mereka untuk memilih makanannya dengan selektif dan terbiasa dengan pola makan sehat.

Pada gambar, berikut ini cara membaca label nutrisinya.

Agar Tak Salah Pilih

Di pasar swalayan berbagai produk ditawarkan dengan embel-embel bebas, rendah dan dikurangi lemaknya. Apa ya, maksudnya?

 LEMAK

 Bebas lemak (fat free)  Rendah lemak (low fat)  Bebas lemak jenuh (saturated fat free)  Rendah lemak jenuh (low saturated fat)

 Kurang dari 0,5 g per sajian  Kurang dari 3 g per sajian  Lemak jenuhnya kurang dari 0,5 g per sajian  Lemak jenuhnya kurang dari 1 g per sajian

 KALORI

 Bebas kalori (calorie free)  Rendah kalori (low calorie)  Kalori dikurangi (reduced/less calorie) *