Find Us On Social Media :

Jurus Manjur Nyenyak Tidur

By Bimo Wijoseno, Selasa, 14 Juni 2011 | 18:22 WIB

Jurus Manjur Nyenyak Tidur

"Balas dendam" tidur panjang pada akhir pekan bukanlah solusi jitu untuk menutupi kurangnya waktu tidur. Menurut dr. Rimawati Tedjasukmana, spesialis saraf di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta , tidur yang baik dan sehat kalau mengikuti jam biologis yang telah terprogram pada otak kita.

Misalnya, waktu tidur dan bangunnya teratur pada jam yang sama setiap hari. Lama tidurnya juga cukup, sehingga tidak mengantuk di siang hari. Sekadar patokan, lama tidur bayi antara 13 - 16 jam, anak-anak antara 8 - 12 jam, dewasa sekitar 6 - 9 jam, dan usia lanjut antara 5 - 8 jam. Bayi dan anak-anak butuh lebih banyak tidur, terutama tidur lelap untuk mendukung masa pertumbuhan. Sedangkan pada orang dewasa, kekurangan tidur akan mengganggu aktivitas kesehariannya. Karena itu, olahraga secara rutin perlu dilakukan untuk mendorong terciptanya kualitas tidur yang lebih baik. Tetapi sebaiknya tidak dilakukan pada sore atau malam hari. Karena paginya akan merasa lelah, sehingga ketika bangun, badan tidak segar.

Faktor pendukung tidur juga perlu diperhatikan. Suasana kamar tidur, misalnya. Walaupun tampak remeh, kamar tidur yang nyaman, tidak terlalu panas atau dingin, dan tidak berisik ikut menentukan sukses tidaknya petualangan alam bawah sadar seseorang. Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur. Kerap kita temui kamar tidur dilengkapi pesawat TV atau perlengkapan audio video. Menonton televisi sambil tidur sebenarnya tidak efektif. Selain membuat malas tidur karena ingin terus menonton, juga bisa memboroskan listrik bila tertidur ketika pesawat TV masih menyala.

Jika susah tidur, bisa dicoba dengan minum susu. "Tetapi susunya harus murni, tidak dicampur apa pun," tegas dr. Rima. Susu membangkitkan hormon melatonin dalam darah untuk mempercepat tidur seseorang (membuat mengantuk). Karena itu, sebaiknya pada waktu sarapan tidak minum susu karena akan bikin mengantuk pada siang harinya.

Hindari minuman beralkohol dan berkafein (kopi, termasuk teh, juga soda). Sebab minuman ini memacu jantung yang membuat orang tidak cepat tertidur. Praktik tidur secara benar mungkin tidak mudah dilakukan, tapi coba saja dan rasakan manfaatnya.