Find Us On Social Media :

T&J Balita: Umur Berapa Bayi Merangkak?

By Agus Surono, Jumat, 23 September 2011 | 16:00 WIB

T&J Balita: Umur Berapa Bayi Merangkak?

Intisari-Online.com - Merangkak adalah kegiatan gerak anak yang merupakan wujud pertama kebebasanya. Setelah dapat merangkak, umumnya mobilitas si Kecil bertambah. Kegiatan merangkak bukanlah kegiatan sesederhana kelihatannya.

Perkembangan kemampuan ini di bagi dalam dua fase, yaitu pre crawling (merayap) dan true crawling (merangkak). Tahap ini biasanya dilakukan pada usia 5-6 bulan, ketika anak sudah mahir berbalik dan otot lehernya cukup kuat untuk menyangga kepala.

Setelah terampil merangkak, biasanya anak mulai dapat mengangkat tubuhnya untuk berdiri. Mengangkat tubuh untuk berdiri biasanya dilakukan pada usia 7-9 bulan. Umumnya, setelah anak dapat duduk, mengangkat badan, dan memindahkan tumpuan berat badanya ke bagian bawah tubuh, anak dipastikan tidak lama lagi akan dapat berdiri. Yang pasti, semua fase perkembangan harus sesuai dengan kematangan dan usia yang dimilliki anak.

Jika menjumpai bayi merangkak mundur sambil berteriak tidak usah panik. Tak ada kelainan apa-apa. Dia cuma sedang belajar merangkak dan berbicara. Kadang, ada anak yang lebih biasa merangkak mundur daripada maju sebab kekuatan otot kakinya lebih dominan daripada kekuatan tangannya. Anak juga kadang berteriak karena ia sedang belajar berbicara. Mungkin ia gembira karena  ternyata berhasil mengeluarkan suara. (Tanya Jawab Balita)